Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. MI/Immanuel Antonius
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. MI/Immanuel Antonius

Pelonggaran Memakai Masker Bagian Transisi Menuju Endemi Covid-19

Theofilus Ifan Sucipto • 17 Mei 2022 19:15
Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut kebijakan pelonggaran kewajiban memakai masker merupakan bagian dari program transisi yang disiapkan pemerintah menuju endemi covid-19. Kebijakan itu diambil setelah melihat data dan perkembangan covid-19 di Tanah Air.
 
"Ini salah satu bagian dari program transisi yang pemerintah siapkan secara bertahap dari pandemi ke kondisi endemi," kata Budi dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Budi mengatakan ada banyak faktor penting untuk beralih menuju endemi covid-19. Mulai dari data ilmiah hingga pemahaman bahwa tanggung jawab kesehatan terbesar berada di tangan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekuat apa pun negara mencoba mengatur perilaku hidup sehat, yang paling baik adalah kesadaran perilaku hidup sehat di masing-masing individu," ujar dia.
 
Budi berkaca dari pandemi yang pernah terjadi sepanjang sejarah umat manusia. Transisi menuju endemi memiliki kesamaan antarpandemi.
 
"Transisi terjadi saat masyarakat sadar caranya melakukan protokol hidup sehat di diri dan keluarga masing-masing," kata mantan Wakil Menteri BUMN itu.
 
Baca: Presiden Melonggarkan Kebijakan Pemakaian Masker
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Presiden menjelaskan hal itu diputuskan dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi covid-19 yang makin terkendali di Indonesia.
 
"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi dalam keterangan resmi yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Meski demikian, Presiden meminta masyarakat tetap menggunakan masker saat kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik. Lalu, masyarakat yang masuk kategori rentan seperti lansia atau memiliki penyakit komorbid, disarankan tetap menggunakan masker saat beraktivitas.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif