Ketua DPR RI Puan Maharani/Istimewa.
Ketua DPR RI Puan Maharani/Istimewa.

Kisah Kartini Dianggap Masih Relevan Sebagai Teladan

Nasional pembangunan Hari Kartini hak perempuan Kualitas SDM
M Sholahadhin Azhar • 21 April 2021 16:28
Jakarta: Kisah Raden Ajeng (RA) Kartini dianggap masih relevan hingga saat ini. Utamanya, sebagai teladan bagi perempuan Indonesia.
 
"Menjadi sumber inspirasi dan energi bangsa kita selama ini dan menjadi pengingat, tentang nilai-nilai kebangsaan yang perlu selalu kita pegang untuk melangkah ke depan," kata Ketua DPR Puan Maharani melalui keterangan tertulis, Rabu, 21 April 2021.
 
Ketua DPP PDI Perjuangan itu menyebut kisah Kartini menginspirasi perempuan Indonesia yang hidup saat ini. Puan meminta generasi penerus melakukan hal serupa, yakni berprestasi dan mewariskan kisah hidup sebagai inspirasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Maka sekarang saatnya kalian dan kita semua membuat cerita-cerita baru yang akan menginspirasi generasi masa depan untuk menghadirkan kemajuan Indonesia," kata Puan.
 
Baca: Esensi Perjuangan RA Kartini di Mata Firli Bahuri
 
Dalam diksusi bertema 'Perspektif Generasi Milenial Tentang Kartini', Puan juga membeberkan pemaknaan terkait kehidupan Kartini. Menurut dia, tokoh perempuan itu membeberkan andil kaum hawa dalam sejarah Indonesia.
 
Puan mengatakan Kartini mewakafkan hidupnya sebagai pendidik dan tokoh pembangunan manusia. Secara sadar, Kartini mendorong pendidikan bagi perempuan dan membuka pemikiran terkait hal itu.
 
Hal tersebut harus menjadi teladan. Bagaimana mendidik dan membangun sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Puan menyinggung data Badan Pusat Statistik (BPS) terkait 52 persen generasi muda dari total 270 juta penduduk Indonesia.
 
"Tetapi tentu saja jumlah yang besar tidak lah cukup. Pembangunan manusia harus dilakukan seutuhnya. Sehingga lahir manusia-manusia Indonesia yang cinta pada tanah air, memberikan rasa percaya diri sebagai bangsa serta memiliki kemampuan dan mau untuk membangun kemajuan bangsa dan negara," beber Puan.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif