Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

3M dan 3T Kunci Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Nasional Virus Korona protokol kesehatan Ingat Pesan Ibu Satgas Covid-19
Atikah Ishmah Winahyu • 14 Oktober 2020 05:12
Jakarta: Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengatakan perubahan perilau masyarakat menjadi salah satu faktor penting dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 (korona). Berdasarkan penelitian dari berbagai negara, kebiasaan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), terbukti efektif menurunkan angka penularan virus.
 
“Contoh kasus, pakai masker saja di beberapa negara yang menerapkan secara ketat, dalam waktu 21 hari angkanya langsung turun. Kasus penularannya bisa tinggal 25 persen, jadi besar sekali dampaknya,” kata Sonny dalam konferensi pers, Selasa, 13 Oktober 2020.
 
Sonny menuturkan 17 persen masyarakat Indonesia yang tidak percaya covid-19, bisa berdampak kepada 83 persen masyarakat lainnya. Padahal, perubahan perilaku merupakan upaya di hulu untuk mengurangi beban fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan yang berada di hilir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Upaya penanganan kesehatan dengan 3T, yakni testing, tracing, dan treatment, juga perlu dilakukan. Ini untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.
 
“Jadi kalau 3M dan 3T dilakukan secara bersamaan, penularan bisa diputus dengan lebih cepat," ujar Sonny,
 
Dia menegaskan perubahan perilaku ialah partisipasi masyarakat. Apabila seluruh masyarakat Indonesia mematuhi protokol kesehatan dampaknya menjadi besar.
 
Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 baru-baru ini mengampanyekan #ingatpesanibu. Pemerintah berharap kampanye ingat pesan ibu efektif mengajak masyarakat disiplin menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
 
Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif