Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Empat Strategi Kemenkes Percepat Vaksinasi Covid-19

Nasional Virus Korona kemenkes vaksin covid-19 Satgas Covid-19 Satu Tahun Covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 04 Maret 2021 06:06
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membuat empat strategi vaksinasi covid-19. Strategi itu diyakini mampu mempercepat perampungan program vaksinasi.
 
“Saya sudah menyusun empat strategi vaksinasi,” kata pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu, 3 Maret 2021.
 
Pertama, vaksinasi berbasis fasilitas kesehatan. Setiap rumah sakit dan puskesmas berperan menyuntikkan vaksin bagi masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, berbasis institusi, seperti TNI dan Polri. Mereka dinilai memiliki sumber daya dan kekuatan untuk menggelar vaksinasi di instansi masing-masing.
 
“Berikutnya, vaksinasi berbasis tempat yaitu vaksinasi massal di gedung-gedung,” terang Maxi.
 
Maxi menyebut Kemenkes telah melakukan vaksinasi massal di beberapa kota. Dia mengeklaim sejauh ini pelaksanaan vaksinasi massal berhasil.
 
(Baca: Layanan Vaksinasi Drive Thru Diapresiasi)
 
“Berikutnya strategi vaksinasi bergerak seperti drive thru,” papar dia.
 
Maxi mencontohkan vaksinasi drive thru, seperti bikinan Halodoc. Mereka menyediakan layanan vaksinasi bagi kelompok lanjut usia (lansia) secara gratis di parkir Hall C JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
“Saya lihat ini terobosan yang sangat luar biasa apalagi bagi lansia,” tutur Maxi.
 
Dia berharap semakin banyak pihak swasta menggelar layanan drive thru. Upaya itu bakal membantu pemerintah merampungkan program vaksinasi.
 
“Ini sangat bagus kalau bisa direplikasi dan diperbanyak seperti di Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara,” kata Maxi.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif