Pintu masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Medcom.id/Muhammad Al Hasan
Pintu masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Medcom.id/Muhammad Al Hasan

Kini Dikelola Pemerintah, Berikut 4 Fakta Seputar TMII

Nasional aset negara TMII taman hiburan
Sri Yanti Nainggolan • 07 April 2021 15:14
Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Transisi pengelola akan dilakukan selama tiga bulan.
 
"Presiden (Joko Widodo) telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII yang intinya penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan Kemensetneg," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi televideo, Rabu, 7 April 2021.
 
Menurut Pratikno, TMII merupakan aset negara berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 51 Tahun 1977. Yayasan Harapan Kita telah mengelola TMII selama hampir 44 tahun.
 
"Kami punya kewajiban untuk melakukan penataan memberikan manfaat seluas-luasnya untuk masyarakat," ucap Pratikno.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut beberapa fakta menarik seputar TMII:

1. Digagas Tien Soeharto

Berdasarkan situs resmi Taman Mini, gagasan pembangunan miniatur kelengkapan budaya Indonesia tersebut dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah atau Tien Soeharto. Ide tersebut muncul pada 13 Maret 1970 dan dieksekusi pada 1972.
 
Pembangunan proyek tersebut memakan waktu tiga tahun dan diresmikan pada 20 April 1975. Miniatur Indonesia tersebut dibangun di atas tanah seluas 150 hektare dan dikerjakan oleh Yayasan Harapan Kita. 

2. Maskot Hanoman

TMII memiliki logo berwarna-warni dengan huruf TMII, Singkatan dari "Taman Mini Indonesia Indah". Sementara, maskot tempat wisata tersebut adalah tokoh wayang Hanoman yang dinamakan Nitra (Anjani Putra). Maskot tersebut diresmikan penggunaannya bertepatan dengan dwiwindu usia TMII, pada tahun 1991.

3. Isi TMII

TMII berisi banyak bangunan. Pertama, ada anjungan daerah yang merupakan bangunan-bangunan rumah adat yang bercirikan arsitektur tradisional khas daerah Indonesia. Terdapat 33 anjungan yang melambangkan jumlah provinsi di Indonesia. 
 
Kemudian, ada 19 museum serta beragam taman yang terdiri atas taman monumental, taman flora, taman fauna, serta taman hiburan. Lalu, ada juga berbagai wahana rekreasi seperti Istana Anak-Anak Indonesia, Teater IMAX Keong Emas, Teater 4D'Motion, dan Kereta Gantung. 

4. Akan jadi taman budaya bertaraf internasional

Setelah dikelola selama lebih dari 40 tahun oleh Yayasan Harapan Kita, kini TMII di bawah pemerintah pusat. Tempat rekreasi itu akan dipoles menjadi taman budaya bertaraf internasional.
 
"Bisa menjadi kawasan culture theme park yang berstandar internasional. Kita harapkan bisa menjadi jendela Indonesia di mata internasional," kata Pratikno.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif