Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah (kiri). Foto: Ilham Pratama Putra/Medcom.id
Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah (kiri). Foto: Ilham Pratama Putra/Medcom.id

Korporat Bertanggung Jawab Merawat Lahan Gambut

Nasional Kebakaran Lahan dan Hutan restorasi lahan gambut
Ilham Pratama Putra • 11 Desember 2019 14:44
Jakarta: Lahan gambut yang berada di hutan milik korporat harus mendapat perhatian serius. Korporat harus bertanggung jawab merawat lahan gambut tersebut.
 
"Ini juga dari hutan-hutan yang punya korporat, kan dia punya binaan, ada tanggung jawab juga," kata Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah, di Hotel Millenium Sirih, Jakarta Pusat, Rabu, 11 Desember 2019.
 
Korporat juga harus mengupayakan tata kelola gambut berjalan baik. Karena hasil dari hutan-hutan tersebut untuk masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BNPB, terang dia, tak akan lepas tangan terhadap lahan gambut. BNPB akan ikut merawat lahan gambut di luar hutan milik korporat.
 
"Kalau korporat harus tanggung jawab, dia juga harus membina sekelilingnya. Untuk bagaimana korporat responsibility-nya," tegas Harmensyah.
 
Harmensyah mengatakan pemeliharaan lahan gambut akan menciptakan ekosistem yang baik. Lahan gambut bahkan bisa dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat.
 
"Kita coba memetakan ekonomi sosial masyarakatnya, mungkin bisa tanam sagu, nanas, terus banyak yang bisa kita kembangkan di lahan gambut itu," pungkas dia.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif