NEWSTICKER
Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

15 Provinsi Keluarkan Status Siaga Darurat

Nasional Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 24 Maret 2020 15:13
Jakarta: Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona (Covid-19) Letnan Jenderal (Letjen) Doni Monardo menyebut ada 15 provinsi yang mengeluarkan status siaga darurat. Sementara itu, ada empat provinsi dengan status tanggap darurat.
 
"Status siaga darurat kabupaten (ada) 41, kota 10," kata Doni dalam konferensi video di Jakarta Pusat, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Dia tak memerinci daerah mana saja dengan status siaga darurat. Di sisi lain, provinsi yang menetapkan status tanggap darurat di antaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak 28 provinsi telah membentuk gugus tugas. Tiap gugus diketuai gubernur dengan wakilnya pangdam dan kapolda.
 
Gugus tugas di kabupaten/kota dipimpin bupati atau wali kota dengan wakilnya dandim dan kapolres. Gugus tugas sudah tersebar di 74 kabupaten dan 24 kota.
 
"Sehingga dengan organisasi gugus tugas dan penentuan di setiap provinsi, pencegahan bisa betul-betul optimal," ujar Doni.
 
15 Provinsi Keluarkan Status Siaga Darurat
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
 
Baca: Warga Jepara Masih Berkerumun di Taman dan Pusat Perbelanjaan
 
Sementara itu, kasus positif covid-19 di seluruh Indonesia per Senin, 23 Maret 2020, mencapai 579 pasien. Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, itu menyebabkan 49 kematian di Tanah Air. Sebanyak 30 orang berhasil sembuh.
 
Pasien positif korona terbanyak berada di Jakarta. Data di situs corona.jakarta.go.id menyebutkan ada 377 pasien positif di Ibu Kota. Sebanyak 225 pasien masih dirawat, sedangkan 97 lainnya isolasi mandiri. Pasien sembuh mencapai 23 orang dan meninggal 32 orang.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif