Ilustrasi -- MI/Susanto
Ilustrasi -- MI/Susanto

MH725 Alami Hard Landing, Runaway Utara Bandara Soetta Ditutup

Nasional pesawat tergelincir
Suci Sedya Utami • 13 Juni 2017 22:55
Metrotvnews. Jakarta: Sebuah pesawat milik masakapai penerbangan Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH725 mengalami pendaratan keras atau hard landing saat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Selasa 13 Juni 2017. Kejadian yang berlangsung pukul 20.04 WIB membuat pesawat tujuan Kuala Lumpur-Jakarta itu harus ditarik dari landasan.
 
Akibat dari peristiwa tersebut, PT Angkasa Pura II (Persero) menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) yang menyatakan bahwa runway atau landasan utara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini tidak dapat dioperasikan atau ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut menyusul sebagian area terhalang oleh pesawat.
 
"Pesawat MH 725 mengalami pecah ban setelah mendarat dan tengah menuju apron di mana penyebab pecah ban akan dapat diketahui setelah dilakukan investigasi oleh pihak berwenang," dikutip ari keterangan resmi AP II, Selasa 13 Juni 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini proses evakuasi pesawat Boeing 737-800 Next Generation tersebut tengah dilakukan oleh unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Adapun sebanyak 61 penumpang telah turun dari pesawat dan dengan bus menuju Terminal 2D kedatangan.
 
Seperti diketahui bahwa Bandara Internasional Soekarno-Hatta beroperasi dengan dua runway, oleh sebab itu selama runway utara ditutup maka take off dan landing pesawat dilakukan melalui runway selatan. Penutupan runway utara selama kurang lebih 1 jam ini diharapkan tidak terlalu mengganggu operasional penerbangan secara keseluruhan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif