Ilustrasi pembuatan vaksin. Shutterstock
Ilustrasi pembuatan vaksin. Shutterstock

Bio Farma Tingkatkan Kapasitas Produksi Menjadi 250 Juta Vaksin Covid-19

Nasional Virus Korona Bio Farma vaksin covid-19
Nur Azizah • 02 Oktober 2020 11:25
Jakarta: Bio Farma tengah mempersiapkan peningkatan kapasitas produksi vaksin mulai November sampai Desember 2020. Persiapan ini dilakukan untuk melipatgandakan kapasitas produksi sembari menunggu uji klinis selesai.
 
"Kapasitas total produksi hilir vaksin covid-19 Bio Farma sebesar 250 juta dosis pada tahun 2021," kata Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 2 Oktober 2020.
 
Kapasitas produksi vaksin covid-19 di Indonesia telah ditingkatkan dari sebelumnya 100 juta dosis pada 2020. Selain bekerja sama dengan Sinovac, Bio Farma juga menjalin kerja sama dengan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hasil due diligence, Bio Farma memenuhi persyaratan sebagai Potensial Drug Product Manufacturer CEPI for Covid-19 yang dimulai pada akhir 2021," ucap Honesti.
 
Kerja sama antara Bio Farma dan CEPI selain bertujuan memperkuat jejaring bidang vaksin, juga untuk meningkatkan kepercayaan global atas kemampuan Bio Farma di bidang produksi vaksin. Selain itu, kerja sama meningkatkan akses vaksin covid-19 bagi negara Indonesia.
 
Baca: Izin Guna Vaksin Covid-19 Ditargetkan Keluar Januari 2021
 
Tim uji klinis akan melaporkan hasil imunogenisitas, keamanan, dan laporan interim efikasi pada Januari 2021. Hasil itu dapat digunakan Bio Farma untuk mengajukan Emergency Use Authorization atau izin edar darurat ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif