Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Ramdani

Susunan Kabinet Tak Langsung Diumumkan Usai Pelantikan

Nasional Kabinet Jokowi
Nur Azizah • 18 Oktober 2019 14:38
Jakarta: Presiden Joko Widodo diyakini tak akan mengumumkan kabinet menteri sesaat usai dilantik. Menurut Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, pengumuman akan dilakukan beberapa hari setelah pelantikan.
 
"Kalau mengikuti informasi beliau paling lambat Rabu," kata Hasto melalui keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2019.
 
Hasto menyebut pihaknya tak dalam posisi menentukan kapan Jokowi mengumumkan kabinet. Sesuai aturan, eks Gubernur DKI Jakarta itu punya waktu 14 hari usai mengucapkan janji jabatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketentuan ini sesuai UU No 39 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kementerian. Dalam tenggat itu, Jokowi diyakini punya cukup waktu merumuskan siapa saja yang akan membantunya.
 
"Presiden Jokowi yang paling tahu kapan momentumnya. Presiden punya waktu yang cukup tapi kita tahu karakter Pak Jokowi yang mau kerja cepat," ujar Hasto.
 
Meski menyerahkan keputusan ke Jokowi, namun Hasto mengingatkan Presiden menimbang beberapa hal terkait menteri. Misalnya, rekam jejak, kemampuan memimpin dan bekerja sama, serta integritas.
 
"Tak boleh ada menteri setelah dilantik tiba-tiba kibarkan bendera mau jadi presiden 2024. Semua harus setia dalam lima tahun ke depan," tegas Hasto.
 
Sikap PDI Perjuangan juga sama terkait porsi kementerian. Hasto tegas menyebut semua keputusan ada di tangan Jokowi. Namun dia mengingatkan agar pembagian dilakukan proporsional.
 
"Semua kementerian penting dan strategis tapi yang jelas PDI Perjuangan paling banyak," kata dia.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif