Sebuah jembatan ambruk di Utan Kota Kemayoran, Jakarta Utara, Minggu (22/12). Jembatan tersebut ambruk sekitar pukul 13.30 WIB. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Sebuah jembatan ambruk di Utan Kota Kemayoran, Jakarta Utara, Minggu (22/12). Jembatan tersebut ambruk sekitar pukul 13.30 WIB. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Jembatan Utan Kemayoran Ambruk

Nasional jembatan rubuh
Media Indonesia • 22 Desember 2019 15:20
Jakarta: Sebuah jembatan di Utan Kemayoran, Pademangan, Jakarta Utara ambruk, Minggu, 22 Desember 2019. Jembatan tersebut ambruk sekitar pukul 13.30 WIB.
 
Reruntuhan jembatan berwarna kuning-biru tersebut jatuh ke danau yang berada di tengah Utan Kemayoran. Sebelum ambruk, jembatan tersebut memang sedang dalam proses pengerjaan akhir. Jalan jembatan itu terlihat masih baru dilakukan pengecoran.
 
Tidak ada korban jiwa dalam ambruknya jembatan tersebut. Pantauan di lapangan, para pengunjung langsung mengerumuni lokasi kejadian. Tidak berselang lama, petugas keamanan langsung mengarahkan seluruh pengunjung untuk keluar area.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun begitu, belum ada keterangan resmi dari pihak berwenang. Salah satu pengunjung yang berada di lokasi mengatakan, jembatan tersebut ambruk karena diduga fondasi yang tidak kuat.
 
"Kata kulinya sling fondasi yang ke tanah enggak kuat, jadi slingnya narik pondasinya sampai keangkat," ungkap Anggi salah satu penggunjung yang berada di lokasi saat kejadian, Minggu, 22 Desember 2019.
 
Lebih lanjut, Anggi menjelaskan bahwa sebelum kejadian, ada dua pekerja yang sedang melakukan pengecatan.
 
"Tadi kita juga nanya memang enggak ada korban, ya karena pekerja ada di kanan kirinya nyemplung, selamat. Pas ambruk, lagi ngecat pager," papar Anggi.
 
Dalam rilis yang Media Indonesia terima, jembatan gantung berbentuk lengkung tersebut berfungsi sebagai viewing deck yang melayang di atas air. Utan Kota Kemayoran tahap I baru resmi dibuka kemarin, Sabtu, 21 Desember 2019. Hutan yang berada di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran itu berdiri di lahan seluas 22,3 hektare. (Tri Subarkah)
 
(DMR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif