Kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) terpasang di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (1/7/2019). ANT/Nova Wahyudi.
Kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) terpasang di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (1/7/2019). ANT/Nova Wahyudi.

1.440 Pelanggar Terjaring Tilang Elektronik dalam Sepekan

Nasional lalulintas
Lis Pratiwi • 08 Juli 2019 10:16
Jakarta: Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mencatat 1.440 pelanggar terjaring tilang elektronik dalam sepekan. Pelanggar terekam dari dua jenis kamera pemantau.
 
“Sejak tanggal 1-7 Juli total 1.440 pelanggar. Paling banyak yang belum sadar menggunakan sabuk,” kata Kasubag Tekinfo Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Purwono Takasihaeng di Jakarta, Senin, 8 Juli 2019.
 
Purwono mengatakan 824 pelanggar tidak menggunakan sabuk pengaman. 306 pelanggar marka jalan terekam kamera E-Police. Sedangkan sisanya tertangkap kamera Check Point yang terdiri dari 252 pelanggar ganjil-genap, dan 54 pelanggar menggunakan telepon genggam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Polda Metro Jaya Sebar 81 Kamera Tilang Elektronik
 
Penggunaan tilang elektronik diharapkan mempermudah pengawasan ketertiban lalu lintas. Pemantauan dilakukan selama 24 jam di ruang Regional Traffic Management Center (RTMC) Polda Metro Jaya. Pemantauan juga diawasi petugas verifikasi.
 
“Fitur baru kita tambah karena kita lihat sekarang perkembangan pelanggaran susah juga dihadapi secara manual,” tambahnya.
 
Usai mendapati gambar kendaraan atau pengendara yang melanggar lalu lintas, petugas akan menerbitkan surat konfirmasi penilangan. Surat itu akan dikirimkan paling lambat tiga setelah kejadian kepada pelanggar.
 
Pelanggar diberi waktu 14 hari kerja mengonfirmasi dan membayar denda pelanggaran itu.Hingga kini, tercatat ada 12 kamera tilang elektronik di kawasan ibu kota. Dua di antaranya telah terpasang sejak 1 November 2018, sementara 10 lainnya terpasang sejak 1 Juli 2019.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif