Tiga Seniman Nasional Diganjar Anugerah Budaya FIB UI
Tiga seniman menerima anugerah FIB UI/Mecom.id/Fachri
Depok: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) menganugerahkan penghargaan untuk tiga seniman Tanah Air. Iman Rahman Angga Kusumah alias Kimung, Umbu Wulang Landu Paranggi, dan Eddie Marzuki Nalapraya dianggap berkontribusi besar pada dunia seni Indonesia.

"Ketiga tokoh ini  telah berjasa merawat tradisi serta melakukan inovasi. Sehingga tercipta jembatan yang menghubungkan masa lalu dan masa kini, demi memupuk dan membangun masa depan dan peradaban bangsa," kata Ketua Departemen Filsafat FIB UI Riris K Toha Sarumpaet, di Auditorium FIB UI, Depok, Jawa Barat, Kamis, 3 Mei 2018.

Kimung dikenal sebagai guru, pembuat film, dan pemusik di Bandung. Dia menerima penghargaan kategori Seniman Tradisi.


Umbu yang dikenal sebagai sastrawan asal Bali diganjar penghargaan sebagai Seniman Modern. Sedangkan Eddie menerima anugerah sebagai pembina seni yang kiprahnya tak diragukan lagi di dunia pencak silat Tanah Air.

"Dari 15 seniman yang masuk dalam kategori penerima Anugerah Budaya FIB UI, panitia telah melakukan penilaian dan seleksi tertutup dengan menggunakan kriteria komitmen, konsistensi, orisinalitas, produktivitas, dan siginifikansi," papar Riris.

Pemberian Anugerah Budaya oleh FIB UI dilakukan sejak 2005. Sebanyak delapan seniman dari berbagai bidang kesenian, di antaranya, seni rupa, tutur, pertunjukan, dan tari telah menerima penghargaan tersebut.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id