Pemilihan Putra Putri Batik 2018 Angkat Batik Bengkulu

Kautsar Widya Prabowo 06 Oktober 2018 23:28 WIB
putra putri batik
Pemilihan Putra Putri Batik 2018 Angkat Batik Bengkulu
Pemilihan Putra Putri Batik 2018. (Medcom.id/Kautsar Prabowo)
Jakarta: Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2018 kembali digelar, 28 finalis memamerkan busana di atas panggung dengan motif batik Bengkulu. Pemilihan putra putri batik menjadi wahana yang efektif untuk menumbuhkan rasa cinta warisan nusantara untuk generasi muda. 

"Untuk meningkatkan industri batik di Tanah Air sehingga mampu menjadi produk kreatif yang benar-benar memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional," kata Inisiator Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN), Sapta Nirwandardi, di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Sabtu, 6 Oktober 2018.

Ia menambahkan, melalui ajang  tersebut putra putri batik memiliki peluang untuk mempromosikan budaya dan pariwisata ke kancah internasional. Tentunya dengan bekal ilmu pengetahuan serta keterampilan mengenai batik.

"Para putra putri batik Nusantara secara bergantian turut serta melestarikan  dan mempromosikan batik di dalam dan luar negeri ," tambahnya.

Para dewan juri secara ketat menyeleksi 28 finalis, kemudian dikerucutkan dalam enam besar. Aspek pengetahuan wawasan batik dan public speaking menjadi penilaian. 

Salah satu tantangan peserta adalah menjelaskan motif batik yang ada di Nusantara secara filosofi dan makna tersendiri.

Selain itu, Sapta Nirwandar bersama dewan juri lainya kembali menyaring untuk menentukan pemenangan juara satu, dua dan tiga dengan menanyakan seputar batik dalam era digital. Sementara juri Titiek Djoko dari Yayasan Batik Indonesia, menanyakan minimnya batik diminati kaum muda. 

Dengan pertimbangan yang matang dewan juri pada ajang pemilihan putra putri 2018 dihasilkan sebagi berikut :

Putra Putri Batik Pertama 2018 pemenang pertama diraih oleh Faris Pradipta asal Jawa barat serta Salma Suka Kyana Nareswari Kalimantan Timur

Putra Putri Batik Pertama 2018 Pemenang kedua diraih oleh Reza asal DKI Jakarta serta Vania Valencia Daerah Istimewa Yogyakarta.

Putra Putri Batik Pertama 2018 Pemenang ketiga diraih oleh Gela Ade asal Bengkulu dan Gloria vincentia Riyadi asal Jawa Timur.

Sebagai hadiah, para pemenang Putra dan Putri Batik Nusantara 2018 akan
mendapatkan uang tunai masing-masing senilai Rp50 juta untuk pemenang pertama, Rp25 Juta pemenang kedua, dan Rp15 juta untuk pemenang ketiga.

Penghargaan lainnya adalah beasiswa full Postgraduate Program di The London School of Public Relations untuk pemenang pertama baik putra dan putri.

(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id