Demonstrasi Buruh saat May Day. Foto: MI Ramdani
Demonstrasi Buruh saat May Day. Foto: MI Ramdani

Pemerintah Diminta Komprehensif Perhatikan Nasib Buruh

Nasional may day hari buruh
02 Mei 2019 00:53
Jakarta: Pemerintah ke depan diminta lebih komprehensif memikirkan nasib buruh di era digitalisasi seperti saat ini. Terutama dalam menegakkan aturan pada pengusaha yang abai terhadap nasib mereka.
 
"Untuk segera melakukan sentralisasi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dari pusat sampai daerah," ujar Presiden Konfederasi Serikat Buruh Muslimin (Sarbumusi) Nahdlatul Ulama, Syaiful Bahri Anshori di Jakarta, Rabu, 1 April 2019.
 
Hal tersebut dipaparkan Syaiful saat istighosah dan doa bersama dalam rangka memperingati hari buruh internasional. Menurutnya, sejauh ini pengawasan pemerintah terhadap pengusaha masih belum kuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu Syaiful meminta pemerintah untuk segera mendorong Revisi UU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan. Khususnya dengan memasukan seluruh pasal-pasal yang telah di Judicial Review di Mahkamah Konstitusi (MK) demi kondisi pekerja di era ekonomi digital.
 
Lebih lanjut ia mengapresiasi pendirian desk pidana khusus perburuhan di kepolisian. Sebab hal tersebut bisa menindaklanjuti kasus-kasus kriminalisasi pekerja. Mengingat banyak kasus dilimpahkan ke perselisihan hubungan industrial
 
"Kita apresiasi pihak kepolisian hari ini akan launching desk pidana ketenagakerjaan karena presiden RI atas masukan dari pimpinan serikat buruh," katanya.
 
Lebih lanjut syaiful meminta pemerintah agar melibatkan buruh dalam politik anggaran pemerintahan kedepan. Pelibatan ini dinilai penting, sebab peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terkait erat dengan profesi buruh.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif