Seorang anak bermain di atas perahu yang dikelilingi sampah yang terbawa air laut di pesisir Desa Tambaklorok, Semarang. (ANT/AJI STYAWAN)
Seorang anak bermain di atas perahu yang dikelilingi sampah yang terbawa air laut di pesisir Desa Tambaklorok, Semarang. (ANT/AJI STYAWAN)

Menteri Muhadjir Ingatkan tak Buang Sampah ke Laut

Nasional sampah kelautan poros maritim dunia
Lukman Diah Sari • 06 Desember 2017 02:40
Jakarta: Membuang sampah di laut masih menjadi soal. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat agar tak buang sampah ke laut.
 
"Kebersihan itu penting, beberapa kali saya melakukan kunjungan ke daerah, sampah laut masih menjadi persoalan. Bahkan sampah-sampah tersebut telah masuk ke perut ikan dan kita mengonsumsi ikan yang tidak sehat tersebut," ujar Muhajdjir pada Malam Anugera Budaya Maritim Indonesia di Jakarta, Selasa malam, 5 Desember 2017, melansir Antara.
 
Dia mengatakan, bila masyarakat tidak dapat menjaga laut dari sampah. Maka Indonesia belum bisa diandalkan sebagai poros maritim dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Indonesia yang seharusnya sebagai poros maritim dunia, ternyata saat ini menjadi poros sampah. Ini harus kita perangi," kata dia.
 
Padahal, kata Muhadjir, kebersihan adalah salah satu faktor penting untuk menarik wisatawan ke Indonesia.
 
"Perlahan-lahan Indonesia akan beralih ke sektor pariwisata sebagai salah satu penggerak ekonomi, karena sektor pariwisata lebih kokoh daripada yang lain," tuturnya.
 
Dia menyebut, Indonesia memiliki keunikan yang menjadi daya tarik para wisatawan yaitu budaya, ekonomi kreatif, dan pemandangan alam terutama laut.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif