KH Shalahuddin Wahid/Antara/Irfan Anshori
KH Shalahuddin Wahid/Antara/Irfan Anshori

Obituari

Gus Sholah, Kiai yang Arsitek

Nasional obituari
Oase.id • 02 Februari 2020 23:25
Jakarta: Intelektual Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur KH Shalahuddin Wahid atau yang karib disapa Gus Sholah ternyata berkarier cukup lama di dunia arsitektur.
 
"Saya berkarier di dunia arsitektur kurang lebih selama 30 tahun," kata Gus Sholah sebagaimana dikutip dari laman Oase.id pada Minggu, 2 Februari 2020.
 
Gus Sholah menempa kemampuan arsitekturnya di Institut Teknologi Bandung (ITB), Jawa Barat. Adik dari Presiden Ke-4 KH Abdurrahman "Gus Dur" Wahid itu mengawali kariernya dengan bergabung di sebuah biro konsultan, lantas menanjak menjabat sebagai direktur utama di sebuah perusahaan konsultan teknik pada 1978 sampai 1997.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah krisis saya beralih ke konsentrasi lain. Kemudian pada 2006 kembali membantu Tebuireng," kata cucu Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari tersebut.
 
Baca: Gus Sholah Wafat
 
Menurut Gus Sholah, pengetahuan dan pengalamannya di dunia arsitektur bukan lantas tidak liniar dengan pengabdiannya di pesantren. Sosok yang juga pernah menduduki jabatan Ketua DPD Ikatan Konsultan Indonesia (Inkindo) DKI Jakarta periode 1989-1990 ini mengaku ada banyak manfaat yang bisa ia ambil dari dunia ilmu rancang-bangun tersebut.
 
"Arsitek kan bekerja sebagai tim, tidak mungkin bekerja sendiri. Arsitek butuh keilmuan yang lain. Sebut saja, butuh insinyur sipil, insinyur mesin, insinyur listrik. Juga butuh keahlian membuat peta, mengukur kemampuan daya dukung tanah, dan lain-lain," terang dia.
 
Berdasarkan filosofi itu, maka dalam membangun warisan kakeknya tersebut, Gus Sholah mampu mengundang keterlibatan banyak pihak. Hingga hasilnya seperti sekarang ini, Pondok Pesantren Tebuireng yang warisan kakeknya itu memiliki ribuan santri dan beberapa cabang yang menyebar di beberapa wilayah Indonesia.
 
Dan malam ini, kiai sekaligus arsitek itu dikabarkan berpulang. Gus Sholah mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, pada Minggu, 2 Februari 2020, sekitar pukul 20.55 WIB.

 

(SBH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif