NEWSTICKER
Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra. Foto: Saskia Anindya Putri/Dok MI
Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra. Foto: Saskia Anindya Putri/Dok MI

TNI-Polri Sudah Rujuk Usai Bentrok di Tapanuli Utara

Nasional tni-polri bentrokan aparat
Zaenal Arifin • 28 Februari 2020 18:41
Jakarta: Situasi di Tapanuli Utara, Sumatra Utara, dipastikan sudah kondusif pascabentrokan antara TNI dan Polri. Para pimpinan TNI dan Polri di Sumatra Utara sudah menenangkan jajarannya agar tidak kembali berkelahi.
 
"Perkembangannya untuk hari ini di Tapanuli Utara sudah normal kembali, tidak ada hal-hal yang berkembang atas peristiwa itu," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 28 Februari 2020.
 
Asep mengatakan para petinggi TNI dan Polri Utara sudah melakukan rekonsiliasi. Mereka bersepakat masalah perkelahian antaraparat keamanan diselesaikan secara internal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah anggota TNI terlibat bentrokan dengan aparat kepolisian di Jalan Lintas Sumatra titik Tarutung-Sipirok, Silangkitang, Kecamatan Pahae Jae, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara, pada Kamis, 27 Februari 2020. Tiga anggota kepolisian dan satu warga sipil terluka. Markas Polisi Sektor (Polsek) Pahae Julu rusak akibat bentrokan ini.
 
Bentrokan ini bermula saat Kapolsek Pahae Jae Polres Tapanuli Utara AKP Ramot S Nababan bersama beberapa anggotanya sedang mengatur arus lalu lintas akibat kecelakaan tunggal sebuah truk Fuso. Kecelakaan itu membuat jalan menjadi macet.
 
Komandan Kompi (Danki) A Batalyon Infanteri 123 Rajawali Kapten Infanteri Ridwan yang mengendarai mobil dari Sipirok menuju Tarutung berusaha menerobos kemacetan. Tindakan tersebut ditegur Ramot hingga menimbulkan percekcokan dan memancing pihak lain yang sedang membantu mengurai kemacetan.
 
Petugas Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil setempat mencoba melerai perkelahian. Kedua pihak yang bertikai kemudian ditenangkan.
 
Sekitar pukul 14.00 WIB, sejumlah orang yang diduga anggota TNI datang ke lokasi. Bentrokan kembali pecah. Akibatnya, sejumlah polisi dan warga mengalami luka-luka.
 
Setelah bentrokan, para anggota TNI kemudian meninggalkan lokasi dan kembali ke arah Tarutung. Mereka sempat turun dari mobil saat melintas di Mapolsek Pahae Julu dan merusaknya.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif