Ilustrasi pemadam kebakaran/Istimewa.
Ilustrasi pemadam kebakaran/Istimewa.

Begini Kronologi Kebakaran di Ruang Intel Mabes Polri

Siti Yona Hukmana • 25 November 2022 08:56
Jakarta: Ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri kebakaran pada Kamis malam, 24 November 2022. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.
 
"Bahwa sekitar jam 20.00 WIB malam, ada terjadi korsleting pada saat tukang menyemen baterai yang ada di Baintelkam lagi mau dibongkar," kata Kepala Pelayanan Markas (Kayanma) Polri Kombes Yudhi Sulistianto Wahid saat dikonfirmasi, Jumat, 25 November 2022.
 
Yudhi mengatakan korsleting terjadi saat pembongkaran. Dia menegaskan bukan kebakaran, namun hanya korsleting listrik terhadap baterai uninterruptible power supply (UPS) milik Baintelkam. UPS adalah sebuah alat pemasok listrik ketika jaringan PLN terputus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya Kayanma Polri menjelaskan tidak ada kebakaran, hanya konslet listrik dan sudah dipadamkan pada saat itu," ujar dia.
 
Dia menegaskan tak ada kobaran api, hanya asap yang berkumpul karena ruangan tertutup. Asap itu, kata dia, muncul dari korsleting listrik dari baterai UPS. Kemudian, pemadam kebakaran (damkar) DKI Jakarta dan Jakarta Selatan membantu mengeluarkan asap yang mengebul di dalam ruangan intel tersebut.
 

Baca: Kebakaran di Ruang Intel Mabes Polri Padam dalam 3 Menit


"Bukan (kebakaran), hanya korsleting listrik tidak menimbulkan api hanya percikan menimbulkan asap karena yang korslet itu baterai. Bentuknya baterai yang beratnya kurang lebih 300-500 kg," jelas Yudhi.
 
Yudhi memastikan tak ada kerugian berupa barang terbakar maupun korban jiwa dan luka akibat peristiwa itu. Sebab, ruangan sudah kosong lama. Hanya ada baterai UPS.
 
"Jadi itu upaya kita menarik barang itu supaya keluar, karena kalau tidak ditarik itu akan menimbulkan asap terus," kata dia.
 
Saat ini ruangan Baintelkam dipastikan aman. Mabes Polri beroperasi seperti biasa. 
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif