Mensos Juliari P Batubara meluncurkan situs Creative Disability Gallery, sekaligus menyerahkan alat bantu untuk 285 penyandang disabilitas di Jakarta, Rabu, 18 November 2020 (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
Mensos Juliari P Batubara meluncurkan situs Creative Disability Gallery, sekaligus menyerahkan alat bantu untuk 285 penyandang disabilitas di Jakarta, Rabu, 18 November 2020 (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Mensos Luncurkan Situs Creative Disability Gallery

Nasional Berita Kemensos
Rosa Anggreati • 18 November 2020 20:23
Jakarta: Dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2020 yang jatuh pada 3 Desember, Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan situs www.creativedisabilitiesgallery.com.
 
Peluncuran situs tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap penyandang disabilitas yang tetap berkarya meski di tengah keterbatasan fisik.
 
"Website ini dipersembahkan untuk para penyandang disabilitas di seluruh Indonesia yang aktif berkarya dan mengukir prestasi, serta apresiasi terhadap kerja keras mereka," kata Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara pada peluncuran website www.creativedisabilitiesgallery.com yang berlangsung secara virtual di Jakarta, Rabu, 18 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peluncuran situs ini sekaligus menandai dimulainya rangkaian acara menyambut HDI 2020. Tahun ini kegiatan perayaan dilakukan secara daring. Tujuannya agar semua pihak dapat menyaksikan perayaan HDI 2020 di mana pun berada sebagai bagian dari upaya membangun kepedulian masyarakat bagi perwujudan kehidupan yang lebih aksesibel dan inklusif.
 
Hari Disabilitas Internasional 2020 mengangkat tema Membangun Kembali Kehidupan yang Lebih Baik, Lebih Inklusif, Lebih Aksesibel dan Berkelanjutan Pascapandemi Covid-19.
 
"Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk merayakan HDI 2020 dengan semangat menghilangkan hambatan dan membuka peluang pemulihan kondisi ekonomi para penyandang disabilitas pascapandemi covid-19 untuk memastikan kualitas kehidupan penyandang disabilitas yang lebih baik," kata Mensos Juliari.
 
Peringati Hari Disabilitas Internasional, Mensos Luncurkan Situs Creative Disability Gallery
Mensos Juliari P Batubara (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
 
Momen peringatan HDI sepanjang November hingga Desember 2020, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.
 
"Selamat memeringati dan merayakan HDI tahun 2020. Salam Inklusi," ucap Mensos Juliari.
 
Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos Harry Hikmat mengatakan momen virtual peluncuran situs disabilitas ini untuk memulai rangkaian kegiatan HDI 2020 hingga acara puncak pada 3 Desember.
 
"Melalui acara virtual ini, para penyandang disabilitas di seluruh Indonesia, dapat berpartisipasi dari tempat masing-masing dan menikmati semua rangkaian acara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," tuturnya.
 
Kegiatan hari ini dilakukan melalui streaming di channel YouTube Kemensos RI dan aplikasi Zoom Meeting. Sebanyak 2.475 undangan mengikuti kegiatan ini terdiri atas kementerian, lembaga tinggi negara, para gubernur seluruh Indonesia, keluarga besar Kementerian Sosial, perwakilan negara sahabat, NGO internasional, balai-balai penyandang disabilitas, dinas sosial kota/kabupaten/provinsi, para Pendamping Sosial Kemensos, organisasi-organisasi penyandang disabilitas, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), para penyandang disabilitas, serta jajaran perusahaan yang selama ini memberikan perhatian besar kepada isu-isu disabilitas.
 
Dalam acara hari ini, Mensos Juliari menyerahkan alat bantu bagi 285 penyandang disabilitas berupa kursi roda, alat bantu dengar, kruk, kaki palsu, tripod, tongkat netra dan alat braille di sembilan kabupaten/kota yaitu Jakarta, Majalengka, Makasar, Magetan, Kuningan, Sibolga, Toba, Pesisir Selatan, dan Pesawaran.
 
Peringati Hari Disabilitas Internasional, Mensos Luncurkan Situs Creative Disability Gallery
Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos Harry Hikmat(Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
 
Penyerahan alat bantu tersebut sebagai bentuk nyata dukungan Kementerian Sosial terhadap kebutuhan aksesibilitas dalam mendukung aktivitas kehidupan sehari-hari.
 
Sebagai informasi, Creative Disabilities Gallery merupakan galeri virtual berbentuk dome yang menampilkan beragam acara, yaitu pameran karya penyandang disabilitas, pertunjukan kreatif, talkshow, sharing session, live games, dan kisah-kisah inspiratif para penyandang disabilitas.
 
Situs Creative Disability Gallery merupakan sarana promosi karya dan produk penyandang disabilitas yang berkualitas. Dengan mengakses laman tersebut, masyarakat dapat mengenal lebih dekat para penyandang disabilitas dan memetik pelajaran dari semangat mereka yang selalu menyala di tengah keterbatasan.
 
Saat mengakses www.creativedisabilitiesgallery.com ada host yang menyapa dan memandu pengunjung memasuki lobi galeri di mana tersedia informasi lengkap tentang HDI 2020, jadwal acara, informasi program, dan petunjuk tentang penghargaan bagi penyandang disabilitas, yakni Creative Disabilities Award.
 
Peringati Hari Disabilitas Internasional, Mensos Luncurkan Situs Creative Disability Gallery
(Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
 
Ruangan besar dan megah ini memiliki tiga area utama yakni Creative Disabilities Exhibition, Creative Disabilities Show, dan Disabilites House. Di ruang Exhibition pengunjung dapat menyaksikan pameran dari 40 peserta (7 balai dan 37 perorangan/umum), produk UMKM dari 60 peserta (18 yayasan/lembaga dan 42 perorangan), dan 36 produk umum ( 17 yayasan/lembaga dan 19 perorangan).
 
Pada ruang pameran ini pengunjung yang tertarik terhadap salah satu produk, telah disediakan fitur untuk melihat deskripsi produk, daftar kontak, dan tautan alamat pasar atau marketplace dari setiap peserta pameran.
 
Di ruang pertunjukan atau Creative Disabilities Show, pengunjung dapat menyaksikan berbagai pertunjukan musik, tari dan beragam penampilan dari 66 peserta para penyandang disabilitas yang dikemas ringan dan menarik.
 
Ada pula dialog seputar peran keluarga dalam memberikan dukungan terhadap penyandang disabilitas, dialog kewirausahaan penyandang disabilitas, diskusi tentang program kebijakan ATENSI Kemensos, serta peran negara dalam memberikan perlindungan hak-hak penyandang disabilitas.
 
Fitur lainnya yaitu Galeri Disabilities House, menampilkan video profile dari 63 peserta (49 lembaga dan 14 perorangan) serta video testimoni/success story dari 39 peserta dengan lima layar lebar untuk menyaksikan tayangan yang mewakili masing-masing kategori.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif