ILUNI UI menggelar vaksinasi massal. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
ILUNI UI menggelar vaksinasi massal. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

ILUNI UI Gandeng RSCM Siapkan Sentra Vaksinasi Baru

Nasional lansia Virus Korona kemenkes pandemi covid-19 Universitas Indonesia vaksin covid-19 Vaksin Slank untuk Indonesia
Fachri Audhia Hafiez • 20 Juni 2021 16:23
Jakarta: Ikatan Alumni (ILUNI) Universitas Indonesia (UI) bersama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mempersiapkan sentra vaksin covid-19 . Kerja sama ini sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam percepatan realisasi program vaksinasi.
 
"Kita persiapkan sentra vaksin yang aman, nyaman, cepat, dan tepat sasaran," ujar Koordinator Program Vaksinasi ILUNI UI Endang Mariani kepada Medcom.id, di Gedung RSCM Kencana, Jakarta, Minggu, 20 Juni 2021.
 
ILUNI UI, kata Endang, telah beberapa kali menggelar vaskinasi massal. Baik di Rumah Sakit UI (RSUI) maupun RSCM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, pelaksanaan vaksin sistem lantatur (drive-thru) baru dapat digelar di RSUI. Ke depan, dalam sentra vaksinasi yang tengah dirancang akan menyuguhkan fasilitas drive-thru.
 
Namun, Endang belum dapat membeberkan lebih jauh lokasi dan waktu pembukaan sentra vaksinasi yang dikerjasamakan. Pihaknya masih fokus mempersiapkan beberapa hal untuk mendukung pelaksanaan sentra vaksinasi.
 
"Butuh macam-macam, jaringan dan lain-lain. Kalau tenaga kesehatan sudah siap. Tenaga relawan administrasi dan sebagainya telah siap," terang Endang.
 
(Baca: Kasus Covid-19 pada Lansia Meningkat Pascalibur Lebaran)
 
Lebih lanjut, Endang berharap semakin banyak masyarakat yang bisa memperoleh vaskinasi dengan kehadiran sentra vaksinasi baru. Sebab, setiap saat masyarakat memiliki potensi terpapar covid-19.
 
"Ada yang bilang nunggu Sinovac, mau nunggu AstraZeneca, atau nunggu Pfizer. kita tidak taju kapan terinfeksi (covid-19). Lebih cepat, lebih baik," tegas dia.
 
ILUNI UI telah melakukan vaksinasi untuk 500 warga usia 18 tahun ke atas dan 500 orang lanjut usia (lansia). ILUNI UI dan RSUI masih terus melakukan vaksinasi terhadap kelompok penerima vaksin lainnya.
 

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20.05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 

 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif