Sekelompok warga berkumpul di Michoacan, salah satu negara bagian di Meksiko -- ENRIQUE CASTRO SANCHEZ / AFP
Sekelompok warga berkumpul di Michoacan, salah satu negara bagian di Meksiko -- ENRIQUE CASTRO SANCHEZ / AFP

Warga Meksiko Protes RUU Sensor Konten Internet

Nasional politik meksiko
Willy Haryono • 23 April 2014 11:46
medcom.id, Kota Meksiko: Ratusan pelajar dan aktivis berunjuk rasa memprotes rancangan undang-undang telekomunikasi terbaru di Reforma Avenue, Meksiko, Selasa (22/4/2014). Jika RUU disetujui, maka pemerintah dapat leluasa menyensor konten internet.
 
Pendemo melakukan long march sambil membawa spanduk bertuliskan "Tolak Penyensoran" dan "Kebebasan Berekspresi" menuju gedung senat, setelah sebelumnya mengatur unjuk rasa di media sosial.
 
Pemerintah mengatakan RUU ini didesain untuk memerangi aktivitas ilegal di internet, termasuk pornografi anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu poin yang paling kontroversial adalah kekuasaan pemerintah dalam meminta penyedia jasa internet untuk "memblokade akses konten, aplikasi dan jasa tertentu, termasuk jaringan telepon dan akses internet jika ada risiko mengganggu keamanan publik.
 
"Jika mereka dapat seenaknya memblokade internet dan sinyal telepon, maka hak dan keamanan konten pengguna akan terlanggar," ucap Carla Sandoval, pria 30 tahun yang ikut dalam demo, pada AP,
 
Dalam beberapa tahun, sosial media telah menjadi sumber utama informasi di banyak negara bagian di Meksiko yang dikuasai kartel narkotika. Media mainstream telah menghentikan mengirim reporter ke wilayah tersebut demi alasan keamanan.
 

(WIL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif