Dirjen Dukcapil Sebut KTP-el Tercecer di Bogor Barang Rusak

M Sholahadhin Azhar 27 Mei 2018 15:21 WIB
e-ktpktp
Dirjen Dukcapil Sebut KTP-el Tercecer di Bogor Barang Rusak
ilustrasi KTP-el. Antara/Irwansyah Putra
Jakarta: Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh membenarkan kabar KTP-elektronik (KTP-el) tercecer di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Zudan memastikan KTP-el yang tercecer itu barang rusak dan invalid yang hendak dibawa ke gudang penyimpanan Kemendagri di Bogor.

"Semua KTP-el yang jatuh dari mobil pengangkut sudah diamankan bersama masyarakat dan dikembalikan ke mobil pengangkut. Selanjutnya dibawa ke gudang penyimpanan di Semplak (Bogor)," kata Zudan melalui pesan singkat, Minggu, 27 Mei 2018.

Informasi beredar di media sosial kalau KTP-el yang tercecer ada lebih dari satu karung. Namun, Zudan memastikan KTP-el yang tercecer hanya sebanyak satu dus atau tidak sampai satu karung. Namun, ia tak bisa memerinci jumlah kepingannya.


"Jumlahnya kepingnya tidak dihitung karena merupakan gabungan dari sisa-sisa pengiriman sebelumnya," ujarnya.

Zudan memastikan, insiden itu tengah diusut Polres Kabupaten Bogor. Beberapa staf yang mengawal barang-barang itu berikut sopirnya, akan dimintai keterangan.

Baca: Mendagri Minta Insiden KTP-el Tercecer di Bogor Diusut

Laporan sementara, kata Zudan, truk pengangkut KTP-el tercecer itu bukan hanya mengangkut kartu penduduk, melainkan lemari, komputer rusak dan dokumen lain. "Saat ini semua KTP-el rusak terjatuh tersebut sudah masuk gudang. KTP-el rusak tersebut tahun penyetakan 2013, sehingga masih dicetak di pusat," kata Zudan.

Sebelumnya beredar video yang menunjukkan KTP-el yang diperkirakan berjumlah ratusan, tercecer di kawasan Bogor, Jawa Barat. KTP-el tercecer itu beralamat Sumatera Selatan.



(AGA)