Kemendes PDTT Ingatkan Pemda Segera Salurkan Dana Desa

Anggi Tondi Martaon 09 Mei 2018 16:35 WIB
Berita Kemendes PDTT
Kemendes PDTT Ingatkan Pemda Segera Salurkan Dana Desa
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo menghadiri Rakornas Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahun 2018, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 9 Mei (Foto:Dok)
Jakarta: Direktur Jenderal Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Taufik Madjid mengingatkan kepada para bupati/wali kota untuk segera menyalurkan dana desa tahap I tahun 2018 ke Rekening Kas Desa (RKD). 

Dia menekankan, segala macam kendala penyaluran harus segera diselesaikan.

"Masih ada sejumlah kabupaten yang masih dalam proses pencairan dan belum memenuhi syarat penyaluran dana desa sehingga harus dilakukan perbaikan dokumen administrasi," kata Taufik Madjid ditemui pada Rakornas Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahun 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 9 Mei.


Taufik menyebutkan, ada risiko jika pemerintahan kabupaten/kota gagal mencairkan dana desa sesuai waktu yang ditetapkan. Menurut peraturan perundang-undangan, sanksi jika gagal yaitu tidak bisa mengajukan pencairan Dana Desa tahap II. 

"Demikian pula jika gagal dalam pencairan Dana Desa tahap II, berarti akan gagal mencairkan 80 persen Dana Desa Tahun 2018," kata dia.

Taufik menyebutkan, ada banyak manfaat yang akan diperoleh jika penyaluran dan pengelolaan dana desa berjalan lancar. Di antaranya menyukseskan program Padat Karya Tunai yang mampu menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan warga, dan mengatasi problem gizi buruk.

Oleh karena itu, dia kembali meminta agar kepala daerah segera menyelesaikan permasalahan yang bisa menghambat tersalurnya dana desa, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat program dana desa. 

"Kami berharap masalah penyaluran dana desa bisa berjalan lancar," ujarnya.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id