Jenazah Ibu Negara Ani Yudhoyono tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu, 1 Juni 2019. ANT/Riyal Hidayat.
Jenazah Ibu Negara Ani Yudhoyono tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu, 1 Juni 2019. ANT/Riyal Hidayat.

SBY Menyalami Megawati di Pemakaman Ani Yudhoyono

Nasional sby
Husen Miftahudin • 02 Juni 2019 15:19
Jakarta: Presiden dan wakil presiden terdahulu beserta anggota keluarganya turut hadir dalam prosesi pemakaman almarhumah Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Salah satunya Presiden ke 5 Megawati Soekarno Putri bersama putrinya Puan Maharani.
 
Para tamu negara tiba terlebih dahulu di TMP Kalibata sebelum iring-iringan jenazah datang dari Puri Cikeas, Bogor. Jajaran tamu negara yang hadir di antaranya Presiden ke 3 BJ Habibie, Wakil Presiden 2009-2014 Boediono, istri Presiden ke 4 Shinta Nuriyah Wahid dan Presiden ke 5 Megawati Soekarno Putri bersama putrinya Puan Maharani.
 
SBY tiba bersamaan dengan iring-iringan jenazah. Setibanya di pemakaman, Presiden ke 6 itu menyalami satu per satu tamu negara yang hadir. Diawali dari Presiden ke 3 BJ Habibie dan Megawati Soekarno Putri. SBY dan Megawati saling berjabat tangan seraya mengucapkan turut berbela sungkawa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat prosesi pemakaman berlangsung, tempat duduk SBY dan Megawati duduk sejajar. Keduanya dipisahkan oleh kursi yang diduduki Ibu Negara Iriana Joko Widodo. SBY justru terlihat sesekali bercakap dengan Iriana dan Presiden BJ Habibie dan duduk bersebelahan dengannya.
 
Sebelumnya, BJ Habibie dan Megawati hadir di TMP Kalibata pada pukul 14.20 WIB. Kehadiran Presiden RI ke 3 dan ke 5 itu didampingi Puan Maharani, Iriana Jokowi, dan Ilham Habibie.
 
Kehadiran Megawati sebelumnya telah dikonfirmasi Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristianto siang tadi. Megawati turut berduka atas berpulangnya Ani Yudhoyono. Megawati juga mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.
 
"Ibu Megawati Soekarnoputri memberikan penghormatan terakhir didampingi oleh Puan Maharani, Pramono Anung," kata Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto di Jakarta, Minggu, 2 Juni 2019.
 
Ani tutup usia pada Sabtu, 1 Juni 2019, pukul 11.50 waktu Singapura. Ani sebelumnya menjalani perawan intensif di ICU National University Hospital (NUH), Singapura.
 
Ia menjalani perawatan intensif sejak 2 Februari 2019. Putri ketiga Alm. Letjen (Purn) Sarwo Edhie Wibowo itu dirawat untuk menyembuhkan penyakit kanker darah yang dideritanya.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif