Ombak tinggi menerjang pesisir Kampung Nelayan Teluk, Labuan di Pandeglang, Banten. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Ombak tinggi menerjang pesisir Kampung Nelayan Teluk, Labuan di Pandeglang, Banten. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Perairan Selat Sunda Tak Punya Buoy

Nasional Tsunami di Selat Sunda
30 Desember 2018 10:51
Jakarta: Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyebut perairan Selat Sunda tidak memiliki buoy atau alat pendeteksi tsunami. Sejumlah buoy diketahui banyak yang hilang bahkan rusak akibat vandalisme.

"Sekarang ini tidak ada buoy tsunami di Selat Sunda. Selain rusak ada yang hilang atau mengalami vandalisme sehingga tidak bisa digunakan lagi," ujar Deputi bidang Pengembangan Sumber Daya Alam BPPT Hammam Riza dalam Top News Metro TV, Sabtu, 29 Desember 2018.

Hammam mengatakan buoy pernah dipasang sebanyak 22 unit pascatsunami Aceh di beberapa perairan di Indonesia. Namun tidak ada di perairan Selat Sunda. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Pengadaan alat pendeteksi tsunami, kata Hammam, memerlukan biaya yang tak sedikit. Satu buoy memakan biaya sekitar Rp5 miliar sedangkan biaya perawatan per tahun memerlukan sedikitnya Rp100 juta dan harus diletakkan di seluruh wilayah Indonesia. "Dalam perjalanannya kita ingin agar buoy dirawat terus menerus dan anggaran BPPT sendiri tidak mencukupi. Kita berusaha menyampaikan itu BMKG tapi juga belum terdapat persetujuan pengalihan sehingga 2016 kita menyetop program buoy ini," kata dia.

Ia menambahkan alat pendeteksi tsunami tidak hanya buoy ada pula tide gauge yang bisa mengamati pasang surut air laut dan mengawasi gelombang. Saat ini tide gauge digunakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Selai buoy dan tide gauge alat pendeteksi tsunami yang lain adalah cable base tsunami meter berupa peralatan kabel optik yang diletakan di dasar laut serta radar. Integrasi sejumlah alat bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang efektif dalam mendeteksi tsunami.




(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi