MRT Dijamin Ramah Disabilitas
Kereta MRT di Depo Lebak Bulus. Foto: MI/Adam Dwi
Depok: Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta akan menjadi salah satu moda transportasi yang ramah penyandang disabilitas. Beragam infrastruktur pendukung telah disiapkan di setiap stasiun penghentian kereta.

"Kami siapkan sarana dan prasarana khusus mulai dari trotoar, yang menggunakan Blok Taktil yang dapat digunakan sebagai akses menuju MRT," ucap Corporate Secretary PT MRT Jakarta Tubagus Hikmattulah saat ditemui di Auditorium Universitas Indonesia, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat, 16 Desember 2018.

Pihaknya juga telah menyediakan Lift dan tanda braille bagi penyandang tuna netra. Lift atau elevator disediakan dekat dengan bidang miring yang bisa digunakan penyandang disabilitas.


"Dari situ, bisa langsung masuk ke beranda peron lalu beli tiket, nanti ada pintu khusus untuk masuk elevator lagi yang mengantar mereka menuju kereta MRT," tuturnya.

Pihaknya juga membuat ruangan khusus bagi para penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda. "Ruang kursi roda pada kereta MRT ke-3 dan ke-4 kita siapkan khusus untuk  teman-teman yang gunakan kursi roda," bebernya.

Penempatan tiap fasilitas dan akses menuju MRT bagi disabilitas berjarak berdekatan. Hal ini untuk mempermudah ruang gerak kelompok disabilitas dalam menggunakan moda transportasi tersebut.

"Celah peronnya juga tidak  besar  dan sangat tipis sehingga elevasinya sama peron sama elevasinya sehingga kalau MRT ketika mereka (penyandang disabilitas) tidak dibantu bisa sendiri. Toilet juga ada kita siapkan khusus seperti yang ada di mal," pungkasnya.

 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id