Jokowi Serahkan Tabungan Pembangunan Rumah ke Warga Lombok

Siti Yona Hukmana 18 Oktober 2018 21:21 WIB
Gempa Lombok
Jokowi Serahkan Tabungan Pembangunan Rumah ke Warga Lombok
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Panca Syurkani.
Sumbawa Barat: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan buku tabungan stimulan pada masyarakat Lombok. Tabungan tersebut dapat digunakan untuk pembangunan rumah bagi korban gempa yang terjadi beberapa bulan lalu.

"Tadi yang dilaporkan oleh Pak Kepala BNPB hari ini diberikan 2.081 (buku tabungan). Sekarang tinggal mencairkan," kata Presiden Jokowi melalui keterangan tertulis, Kamis, 18 Oktober 2018.

Dana bantuan itu diakui Jokowi belum seluruhnya tersalurkan. Ia akan terus mengupayakan agar bantuan dapat diterima masyarakat dengan cepat.


"Kalau yang belum menerima, tadi Pak Kepala BNPB sudah menyampaikan, minggu depan akan diusahakan tahapan yang kedua," ujar Jokowi.

Selain itu Jokowi juga ingin memastikan proses pemindahbukuan dana dapat dilakukan dengan mudah. "Tadi saya sudah cek apa benar ini sudah gampang dicairkan? Saya ikuti tadi di sana saya lihat. Ada yang nulis-nulis kemudian masuk ke mobil BRI di dalam, langsung cair uangnya," ujar Jokowi.

Meski begitu, ia tidak menampik masih ada masyarakat yang kesulitan dalam mencairkan dana. Hal itu diyakini karena ada 17 prosedur yang harus dilalui.

"Sebab itu, minggu lalu kita rapat lagi, kita putuskan menjadi hanya satu prosedur. Sehingga memudahkan masyarakat dalam pencairan," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Dalam proses rehabilitasi di NTB, pemerintah tidak hanya mengupayakan pembangunan kembali rumah para warga yang ambruk pascabencana gempa. Namun juga membangun kembali sejumlah fasilitas umum yang mengalami kerusakan.

"Yang rusak ini tidak hanya rumah, ada 830 sekolah yang ambruk, 334 rumah ibadah yang juga ambruk. Rumah sakit dan puskesmas ada 61, pasar ada 12. Jadi banyak yang harus kita kerjakan. Saya harapkan kita semua mengerti persoalan besar yang kita hadapi ini,” jelas dia.



(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id