Karyawan melindungi diri dengan mengamankan kepala saat simulasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan musibah kebakaran di Gedung BNPB. Foto: MI/Galih Pradipta.
Karyawan melindungi diri dengan mengamankan kepala saat simulasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan musibah kebakaran di Gedung BNPB. Foto: MI/Galih Pradipta.

Kalla Ingin Simulasi Bencana Digelar Teratur

Nasional simulasi bencana
Achmad Zulfikar Fazli • 08 Januari 2019 15:08
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla ingin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dapat teratur menggelar simulasi bencana alam di seluruh daerah. Pasalnya, pengetahuan tentang bencana hanya bisa diberikan melalui simulasi atau latihan.
 
"Ya, di beberapa tempat seperti Padang (Sumatera Barat) sering dilakukan simulasi, di beberapa kota di Bengkulu, juga di Aceh dan di kota-kota itu, sering diadakan. Kita minta ini teratur," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.
 
Dia mencontohkan penerapan simulasi bencana Jepang. Simulasi di 'Negeri Sakura' dilakukan teratur sebanyak dua kali dalam setahun. Masyarakat diajarkan cara menghadapi gempa hingga tsunami.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sana, jika gempa, masyarakat diminta untuk berlindung di bawah meja, atau berkumpul di lapangan. Bila ada tsunami, masyarakat diminta untuk segera lari.
 
Baca: Mitigasi Bencana Perlu Masuk Program Pemerintah Daerah
 
Kalla pun menilai simulasi teratur itu bisa dilakukan di Indonesia. "Bunyi sirene keluar dari ruangan. Tapi, itu bisa kalau ada petunjuknya. Mitigasi escape-nya di mana, tempat berkumpulnya di mana begitu," ujar dia.
 
Di sisi lain, dia menilai masalah kebencanaan tidak bisa diberikan dengan pendidikan atau dimasukkan ke dalam kurikulum. Pasalnya, penyelesaian masalah tersebut harus melalui simulasi atau latihan.
 
"Tidak perlu lagi diajarkan. Apanya diajarkan kita, cukuplah latihan, latihan, latihan, dan latihan. Simulasi itu saja," tegas dia.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif