Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Ismunandar (kelima dari kiri) berfoto bersama para penerima penghargaan kategori Lembaga Mitra Kegiatan Kemahasiswaan di Gedung D Kemenristekdikti, Medcom.id/Intan Yunelia.
Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Ismunandar (kelima dari kiri) berfoto bersama para penerima penghargaan kategori Lembaga Mitra Kegiatan Kemahasiswaan di Gedung D Kemenristekdikti, Medcom.id/Intan Yunelia.

Medcom.id Kembali Raih Penghargaan dari Kemenristekdikti

Nasional beasiswa osc
Intan Yunelia • 15 Desember 2018 11:10
Jakarta: Portal berita dan video Medcom.id menjadi satu-satunya media yang menerima penghargaan Anugerah Kemahasiswaan II Tahun 2018 dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).  Medcom.id untuk kedua kalinya meraih penghargaan di kategori Lembaga Mitra Kemahasiswaan, atas kontribusinya dalam dunia pendidikan melalui program Online Scholarship Competition (OSC) yang telah dirintis sejak 2015.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kemenristekdikti, Ismunandar memberikan apresiasi atas kontribusi Medcom.id dalam dunia pendidikan. Apa yang telah Medcom.id lakukan melalui program beasiswa OSC telah memberi ruang dan kesempatan kepada generasi muda untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi. 

“Malam ini kita memberikan apresiasi kepada berbagai pihak yang membantu kami dalam kegiatan kemahasiswaan, dan Medcom.id salah satunya, yang telah membantu kami dalam memfasilitasi beasiswa kepada generasi muda kita,” kata Ismunandar, usai Pemberian Anugerah Kemahasiswaan, di Gedung D Kemenristekdikti, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat malam 14 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menyebutkan, peran pemerintah saja tidak cukup untuk memberikan akses kepada mahasiswa kurang mampu.  Sehingga peran swasta seperti Medcom.id perlu dicontoh oleh lembaga atau instansi lainnya.  “Salah satu dari tugas kita di Belmawa Kemenristekdikti adalah memperluas akses, karena masih banyak mahasiswa kita yang sebetulnya bisa mengeyam pendidikan tinggi, tapi karena keterbatasan ekonomi tidak bisa,” paparnya.

Baca:  70 Peserta Lolos ke Tahap Tes Offline OSC

Ismunandar berharap, kegiatan ini menjadi motivasi bagi semua pihak yang terkait dengan kegiatan kemahasiswaan untuk terus berkarya, bekerja sama dan membantu meningkatkan kualitas kegiatan kemahasiswaan di masa mendatang. 

“Sehingga kegiatan kemahasiswaan makin bermakna dan bermanfaat bagi terciptanya alumni perguruan tinggi yang berkualitas, memiliki prestasi akademik yang unggul, menguasai ilmu pengetahuan yang mumpuni, memiliki karakter luhur, serta memiliki rasa cinta tanah air yang mendalam, serta siap untuk bersanding dan bertanding,” tuturnya.

Project Officer Program OSC Medcom.id, Findo Gading menambahkan, penghargaan ini merupakan apresiasi kedua kalinya yang diberikan Kemenristekdikti kepada Medcom.id. "Penghargaan Ini semakin memotivasi kami untuk terus berkarya dan berbuat untuk memberi kemudahan bagi pelajar di seluruh Indonesia dalam mengakses perguruan tinggi," kata Findo.

Untuk diketahui, OSC adalah Kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh portal berita dan video Medcom.id.  Beasiswa OSC yang 2018 didukung oleh Fajar Paper ini memasuki tahun penyelenggaraannya yang  ke-4.

OSC hadir untuk memberikan kemudahan bagi putra putri Indonesia, agar dapat melanjutkan pendidikan hingga S1, melalui beasiswa yang diberikan 18 perguruan tinggi swasta yang bekerja sama dengan OSC.

Dengan OSC, peserta tidak perlu lagi datang ke kampus atau universitas untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes secara langsung. "Dengan sistem online, OSC mempersingkat dan mempermudah keseluruhan proses, mulai dari pendaftaran, hingga tes tahap awal dilakukan melalui sistem online," imbuh Findo.

Selain Medcom.id, juga ada beberapa Lembaga dan instansi lain yang mendapatkan penghargaan. Di antaranya Baznas, Bank Mandiri, Shell, Loreal, Xl, Usaid, Ausaid, Tanoto Foundation, Penyelenggara Kegiatan Kemahasiswaan Belmawa dan Mandiri (KMLI), serta Penghargaan kepada Prof. Dr. Intan Ahmad, Ph.D, (mantan Dirjen Belmawa Kemenristekdikti) sebagai Penggagas Kegiatan Kemahasiswaan Revolusi Industri 4.0.


(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi