Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho memberikan keterangan kepada pers terkait gempa di NTB di Graha BNPB pada Senin (30/7/2018). Foto: MI/Putri Yuliani
Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho memberikan keterangan kepada pers terkait gempa di NTB di Graha BNPB pada Senin (30/7/2018). Foto: MI/Putri Yuliani

Jumlah Pengungsi Korban Tsunami Selat Sunda Membeludak

Nasional Tsunami di Selat Sunda
M Sholahadhin Azhar • 26 Desember 2018 15:45
Jakarta: Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho merilis udpate terbaru korban tsunami Selat Sunda. Jumlah korban meninggal tak berbeda jauh dari kemarin, Selasa, 26 Desember 2018. Hari ini, Sutopo memberi catatan khusus mengenai jumlah pengungsi.
 
"Hari ini tercatat total korban meninggal 430 orang, 1.495 korban luka, 159 belum ditemukan dan 21.991 mengungsi," ujar Sutopo di kantor BNPB, Jakarta, Rabu, 26 Desember 2018.
 
Menurutnya, jumlah pengungsi naik dari sekitar 17.400 orang. Penyebabnya karena tim SAR gabungan baru bisa menyisir titik-titik bencana yang sebelumnya terisolasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sutopo menyebut tak ada banyak perubahan selain jumlah pengungsi. Tim SAR gabungan masih bergerak menjamah titik-titik bencana tsunami Selat Sunda.
 
"Ini data sementara, diperkirakan besok akan bertambah, karena tim SAR saat ini fokus mencari, terutama di bagian selatan Pandeglang," kata dia.
 
Lokasi detail pencarian, kata Sutopo, yakni di Kecamatan Sumur, Pandeglang. Kendala evakuasi adalah sarana untuk menjangkau titik tersebut. Dari pusat kota, perlu 3 jam lebih menuju kecamatan tersebut.
 
"Kalau sekarang, karen banyak jalanan rusak dan kendaraan, bisa lebih dari itu," imbuhnya.
 
Selain melalui jalur darat, Sutopo menyebut tim SAR gabungan juga menyisir titik-titik bencana dari udara dan laut. Ada helikopter, kapal patroli dan KRI yang dikerahkan.
 

(MBM)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif