Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan INACRAFT 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan - Medcom.id/Dheri Agriesta.
Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan INACRAFT 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan - Medcom.id/Dheri Agriesta.

Presiden: INACRAFT Naik Kelas Setiap Tahun

Nasional inacraft pameran kerajinan umkm
Dheri Agriesta • 24 April 2019 12:16
Jakarta: Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan INACRAFT 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Presiden menyebut pameran kerajinan tangan ini naik kelas dari tahun ke tahun.
 
"Setiap saya datang ke INACRAFT, saya melihat bahwa kerja pameran ini naik gelar dari tahun ke tahun," kata Kepala Negara dalam sambutannya di JCC Senayan, Jakarta, Rabu, 24 April 2019.
 
Kualitas produk yang dipamerkan di INACRAFT juga meningkat setiap tahun. Jokowi mengapresiasi hal itu. Kepala Negara ingin kualitas produk kerajinan tangan Indonesia meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak cuma kualitas, Jokowi juga ingin kapasitas produksi ditingkatkan. Ia berharap produk kerajinan tangan Indonesia dapat bersaing di pasar internasional.
 
"Kita ingingkan agar produk kerajinan Indonesia terus naik kelas, naik kapasitas produksinya, naik kualitasnya, baik daya saingnya dan naik pamornya, utamanya untuk kualitas eskpornya," jelas Jokowi.
 
(Baca juga:Inacraft 2019 Targetkan Transaksi Rp149 Miliar)
 
Jokowi menyebut usaha kecil menengah kerajinan tangan berjumlah sekitar 700 ribu unit usaha. Mereka menyerap sekitar 1,3 juta tenaga kerja.
 
Jumlah produk yang diekspor juga terus meningkat. Namun, Kepala Negara menilai produk Indonesia masih menguasai sebagian kecil pangsa pasar dunia.
 
"Masih bisa kita tingkatkan lebih besar lagi. Bayangkan kalau pangsa pasar naik, artinya akan lebih banyak UKM yang berkembang dan lebih lagi tenaga kerja yang bisa direkrut," pungkas Jokowi.
 
Jokowi didampingi Ibu Negar Iriana Joko Widodo saat meresmikan INACRAFT 2019. Selain itu turut hadir Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif