Mensos Harap Seluruh Provinsi Miliki Panti Rehabilitasi ODGJ

Indriyani Astuti 26 Mei 2018 14:11 WIB
mensos
Mensos Harap Seluruh Provinsi Miliki Panti Rehabilitasi ODGJ
Menteri Sosial Idrus Marham - Medcom.id
Jakarta: Menteri Sosial Idrus Marham ingin seluruh provinsi dan kabupaten di Indonesia memiliki panti yang dapat merehabilitasi para penyandang disabiltas, termasuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). 

"Kita tidak ingin membiarkan mereka berkeliaran di tengah jalan. Bukan hanya malu, tapi juga negara harus hadir saat banyak ODGJ," kata Idrus saat mengunjungi Panti Sosial Rehabilitasi Mental Yayasan Aura Welas Asih, di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat, 25 Mei 2018 kemarin.

Menurutnya, kualitas layanan sejumlah panti juga perlu ditingkatkan. Khususnya dari  aspek sumber daya manusia(pendamping) dan fasilitas panti.


Pemerintah daerah sebetulnya sudah menyiapkan lahan seluas 2.000 hektar untuk Panti Sosial Rehabilitasi Mental Yayasan Aura Welas Asih. Saat ini sebanyak 112 ODGJ dirawat di panti tersebut.  

"Masalah yang dihadapi orang dengan gangguan jiwa ini adalah masalah kemanusiaan. Terlebih, panti ini berdiri dengan prakarsa dari masyarakat," imbuh Mensos.

Selain pemerintah pusat dan daerah, Mensos ingin mendorong swasta agar bersama-sama berpartisipasi memperkuat panti. (Media Indonesia)



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id