Buya Syafii Maarif di RS PKU Muhammadiyah/Istimewa
Buya Syafii Maarif di RS PKU Muhammadiyah/Istimewa

Buya Syafii Maarif Wariskan Semangat Gotong Royong

M Sholahadhin Azhar • 27 Mei 2022 11:10
Jakarta: Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah 1988-2005 Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia, Jumat, 27 Mei 2022. Pria yang akrab disapa Buya Syafii itu disebut mewariskan semangat gotong royong.
 
"Buya menitipkan semangat gotong royong yang diletakkan pendiri bangsa, dan itu dilaksanakan sepenuh hati," kata kader Muhammadiyah Sukidi Mulyadi dalam Breaking News Metro TV, Jumat, 27 Mei 2022.
 
Menurut dia, Buya yang tutup usia pada 87 tahun itu kerap menggandeng berbagai pihak dalam berkontribusi bagi Muhammadiyah, Indonesia, dan umat beragama. Sukidi mencontohkan pembangunan SMP Muhammadiyah di Yogyakarta melalui kerja sama dengan pihak swasta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Buya Syafii juga membangun Masjid Nogotirto yang melegenda di Sleman. Rumah Ibadah itu dibagun dengan menggandeng Menteri Agama Munawir Sjadzali.
 
"Di Masjid itu, Buya membangun komunitas yang inklusif dan merangkul semua golongan," kata Sukidi.
 
Baca: Tokoh Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia
 
Sukidi kehilangan atas berpulangnya Buya Syafii. Bagi Sukidi, Buya Syafii merupakan guru bangsa dan mendedikasikan pikiran dan hidupnya pada Muhammadiyah dan Indonesia Raya.
 
Buya Syafii Maarif meninggal pukul 10.15 WIB di Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Gamping, Kabupaten Sleman. Belakangan, kesehatan Buya Syafii memang menurun. Sejumlah tokoh tercatat menjenguk Buya Syafii, salah satunya Presiden Joko Widodo pada 26 Maret 2022.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif