Ilustrasi virus korona. (Medcom.id)
Ilustrasi virus korona. (Medcom.id)

3% Balita Terinfeksi Covid-19 Meninggal Imbas Komorbid

Kautsar Widya Prabowo • 22 Februari 2022 19:13
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut tiga persen dari 2.484 pasien covid-19 yang meninggal merupakan anak di bawah lima tahun (balita). Hal itu lantaran balita memiliki penyakit bawaan atau komorbid.
 
"Seperti kelainan jantung, kelainan imunitas serta umumnya kanker," ujar juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers secara virtual, Selasa, 22 Februari 2022. 
 
Nadia menjelaskan sebagian besar pasien covid-19 dengan varian Omicron tidak memiliki gejala. Hal itu mempercepat penularan covid-19 di lingkungan keluarga, termasuk pada balita.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 99 Daerah Berstatus PPKM Level 3, Ini Daftarnya
 
Kendati demikian, Nadia belum mendapatkan informasi secara rinci terkait kasus covid-19 terhadap balita. Selain itu, Nadia menjelaskan 73 persen dari 2.484 pasien yang meninggal, belum memperoleh vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua.
 
Nadia meminta masyarakat segera melakukan vaksinasi dosis satu, dua, dan ketiga. Sehingga bisa terlindungi dari penyebaran covid-19. 
 
"Vaskinasi lengkap memberikan perlindungan hingga 67 persen dari kematian, bahkan 91 persen bagi yang mendapatian vaksin booster," jelasnya.

 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif