Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Beragam Pola Penuralan Virus Hepatitis dari Jenisnya

Nasional kesehatan penyakit menular hepatitis a penyakit kronik
Media Indonesia.com • 10 Mei 2022 14:57
Jakarta: Penyakit Hepatitis terdapat berbagai macam dengan pola penularan yang berbeda-beda. Pertama ialah Hepatitis A, karena berhubungan dengan makanan dan minuman.
 
Kontaminasi virus Hepatitis A melalui fekal oral. Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Ari Fahrial Syam mencontohkan bila sumber air di satu desa tercemar virus Hepatitis A, maka satu desa tersebut dapat terdampak Hepatitis A.
 
"Yang agak ramai pada 2019 itu di daerah Pacitan, Madura, dan sekitarnya di Jawa Timur yang ada 2 ribu kasus dan itu berhubungan dengan penjual makanan keliling yang mengidap Hepatitis A," kata Ari dalam dialog daring, Selasa, 10 Mei 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Hepatitis B penularannya berhubungan dengan makanan dan minuman, kemudian dengan darah, seperti transfusi darah. Lalu, benda tajam yang tidak tersteril dengan baik, maka bisa menularkan Hepatitis B.
 
"Seperti contoh pisau cukur yang tidak tersteril dan digunakan bersama-sama oleh konsumen. Ternyata darah konsumen yang mengidap Hepatitis B menempel di pisau cukur dan digunakan oleh orang lain maka bisa tertular," ujar dia.
 
Baca: Seluruh RS di Jabar Siapkan Ruang Isolasi untuk Pasien Hepatitis Akut
 
Hepatitis C penularannya melalui jarum suntik dan kontak seksual. Kemudian, Hepatitis D bisa menular jika pasien tengah mengidap Hepatitis B, berhubungan seks, dan transfusi darah.
 
"Antibodi ideal dari vaksinasi. Saya rasa kita harus tetap waspada terhadap penularan. Untuk Hepatitis A pun waktunya cukup pendek hanya 2-3 tahun saja, tapi bisa divaksin tambahan jika berada di lingkungan yang tingkat penularannya tinggi," jelas dia. 
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif