Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmavati membuka acara gerak jalan. Foto: Medcom.id/Fachri
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmavati membuka acara gerak jalan. Foto: Medcom.id/Fachri

Pemuka Agama Dituntut Tekan Laju Paham Ekstremis

Nasional Manfaat dari keberagaman
Fachri Audhia Hafiez • 03 November 2019 11:22
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) berharap pemuka agama bisa menyampaikan nilai-nilai positif dalam menyampaikan syiarnya. Terlebih untuk menekan laju paham ekstremis.
 
"Pemahaman moderasi beragama yang komprehensif, umat beragama akan dapat mencegah berkembangnya pemahaman radikalisme, ekstremisme, dan terorisme. Hal ini juga didukung peran pemuka agama," kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia (NSI) di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 3 November 2019.
 
Syiar keagamaan kini kian mudah untuk disampaikan ke masyarakat. Zainut berharap melalui perkembangan media di era modern saat ini, syiar positif kepada umat dapat cepat tersampaikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pendewasaan berpikir umat beragama juga sangat dibutuhkan dalam kerukunan, kesatuan, dan keutuhan bangsa dan negara kita," ujar Zainut.
 
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga berharap hal yang sama. Tak hanya soal paham radikal, Bintang meminta pemuka agama juga menyampaikan pesan yang mampu menekan kekerasan terhadap ibu dan anak.
 
"Karena saya yakin tidak ada satupun agama yang memberikan ajaran untuk kekerasan, apalagi kekerasan kepada perempuan dan anak," ujar Bintang.
 
Bintang menegaskan kerukunan antar umat saat ini sejatinya sudah terjalin baik. Ia bilang, hal ini menjadi tantangan generasi saat ini dan ke depan untuk bersama-sama menjaga perdamaian antar umat.
 
"Saya merasa nyaman berada di Indonesia yang artinya bahwa keberagaman kebhinekaan sudah terjalin dengan baik. Cuma kedepan bagaimana kita memupuk membinanya jauh lebih baik," ujar Bintang.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif