NEWSTICKER
Ilustrasi: Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) berunjuk rasa menuntut pencabutan PP Pengupahan. Foto: Antara/Irsan Mulyadi.
Ilustrasi: Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) berunjuk rasa menuntut pencabutan PP Pengupahan. Foto: Antara/Irsan Mulyadi.

Buruh Tuntut Tiga Perubahan

Nasional demo buruh ump dki jakarta
Dhaifurrakhman Abas • 10 November 2017 18:09
Jakarta: Ribuan buruh dari berbagai daerah berkumpul di depan Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Pada aksi di Hari Pahlawan, Jumat, 10 November 2017 ini, mereka menuntut 3 perubahan.
 
Buruh meminta pemerintah mencabut PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Selain itu, mereka menekankan biaya listrik dan kebutuhan pokok harus diturunkan serta upah minimum provinsi (UMP) DKI menjadi Rp3.917.000.
 
Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan UMP DKI sudah naik cukup banyak, dari Rp3.355.750 menjadi Rp3.648.035. Hal ini bisa dilihat dari perbandingan dengan kebutuhan hidup layak (KLH).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sandi mengatakan, seharusnya intervensi DKI di bidang transportasi dan pangan kepada buruh sudah cukup. Tujuannya agar ada seimbang dengan nilai UMP yang naik tak sesuai ekspektasi.
 
Baca: Sandi Siap Temui Buruh
 
"Kaum buruh yang KTP DKI akan dapat layanan Transjakarta gratis, kita akan pastikan transportasi tersebut di kantong buruh bekerja," jelas Sandi.
 
Selain itu, DKI juga memberikan intervensi dalam sektor pangan yang bakal dibantu PD Pasar Jaya. Subsidi ini memungkinkan buruh menekan kebutuhan hidup.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif