Menkominfo Johnny G Plate. Foto: MI/Pius Erlangga
Menkominfo Johnny G Plate. Foto: MI/Pius Erlangga

Menkominfo Siapkan Internet Berkecepatan Tinggi di MotoGP Mandalika

Nasional Kominfo Sirkuit Mandalika Johnny Gerard Plate MotoGP 2022
Whisnu Mardiansyah • 21 Januari 2022 23:23
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Pemerintah menyiapkan jaringan 4G sebagai tulang punggung dan 5G experience selama perhelatan MotoGP Mandalika 2022 berlangsung. Ini sebagai dukungan sektor infrastruktur telekomunikasi untuk menyukseskan perhelatan olahraga MotoGP Mandalika 2022. 
 
“Pasti saat ini 4G akan menjadi tulang punggung komunikasi, tetapi kita juga menyiapkan untuk 5G experience. Di samping Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo pun sudah siap untuk 5G experience,” ujarnya dalam Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022 yang berlangsung secara daring dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat, 21 Januari 2022.
 
Menurut Johnny, cakupan layanan baik 4G maupun 5G akan disediakan di beberapa lokasi strategis. Seperti Media Center, akomodasi, security, international airport dan venue sirkuit MotoGP Mandalika. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Di kawasan Mandalika kami siapkan dan kami akan jaga dengan baik. Juga disiapkan untuk Telkom milimeter wave untuk show case demo 5G spektrum tinggi 26 dan 28 GHz. Itupun kita siapkan untuk mereka menyiapkan 5G experience,” ujarnya. 
 
Baca: Pemerintah Bagi 112 Wilayah Layanan Siaran di 341 Daerah
 
Johnny menambahkan, nantinya ada banyak 5G yang ditempatkan di Mandalika dengan memanfaatkan virtual reallity yang bisa disaksikan. Pada intinya kerjasama antara Kominfo dengan operator seluler maupun dengan operator fiber kata Johnny akan terus dikoordinasikan.
 
Untuk mengantisipasi kenaikan pengguna telekomunikasi, Kementerian Kominfo menyiapkan spektrum tambahan agar penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 berlangung dengan baik.
 
“Saya diinformasikan bahwa akan ada 110 ribu pengunjung ke Mandalika, berarti traffic bandwidth-nya tinggi. Kita harus menyiapkan bandwidth yang cukup agar speed upload dan download internetnya juga lancar,” jelas Johnny. 
 
Menurut Johnny, rata-rata penggunaan kapasitas internet paling rendah antara 2-3 Mbps kecepatan harus disiapkan. Saat ini, Kementerian Kominfo telah mengukur ketersediaan di wilayah Mandalika di atas 10 Mbps.  
 
“Tapi pada saat banyak orang datang pasti akan berpengaruh. Sehingga di saat perlombaan setiap orang butuh layanan internet, maka layanan ini akan kita jaga dengan baik sehingga 4G dan 5G kita siapkan di area masif,” paparnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif