Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Ahli: Penularan Hepatitis Akut Mirip Hepatitis A

Nasional penyakit menular kesehatan anak hepatitis a Hepatitis Akut
M Iqbal Al Machmudi • 08 Mei 2022 10:05
Jakarta: Gejala dan penularan hepatitis akut dinilai mendekati hepatitis A. Penularan melalui fekal oral atau penularan melalui mulut, makanan, dan minuman yang terkontaminasi.
 
"Gejalanya juga bisa menyebabkan hepatitis fluminal atau berat, namun sampai saat ini masih belum tahu penyebab pastinya tapi diduga melalui fekal oral dan gejalanya agak mirip-mirip dengan hepatitis A," kata Ahli Gastrohepatologi Anak, Muzal Kadim Muzal, dalam dialog dengan IDAI, Minggu, 8 Mei 2022.
 
Hepatitis A memiliki masa inkubasi rata-rata antara 2 minggu setelah tertular seseorang yang sudah mengalami penyakit sebelumnya. Namun, rata-rata masa inkubasi 15-20 hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gejala hepatitis pada umumnya terjadi demam namun tidak tinggi hanya demam ringan dengan suhu 38 derajat dan tidak sampai 39 derajat lebih. Bersamaan demam juga disertai mual dan muntah.
 
Baca: Kemenkes: Hepatitis Akut Bisa Jadi Wabah
 
Ciri khas dari hepatitis lainnya, yakni lemas, lesu, dan nyeri perut kanan hati karena terjadi pembesaran. Setelah itu terjadi kuning yang menandakan bahwa virusnya sudah menyerang hati sehingga terjadi peradangan yang menandakan hepatitis.
 
"Gejala ini bisa terjadi 1-4 minggu tapi ini untuk hepatitis yang kita ketahui ya. Tapi untuk hepatitis yang belum diketahui etiologinya ini gejalanya agak sedikit berbeda kadang setelah mual, muntah, kuning, dan terjadi hepatitis fluminal dengan cepat," kata dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif