Menag akan Menghadiri Perayaan Waisak di Borobudur
Sejumlah perwakilan umat Budha mengambil Api Dhamma menggunakan obor dari sumber Api Abadi Mrapen, di desa Manggarmas, Godong, Grobogan, Jawa Tengah, Minggu (27/5) - ANT/Yusuf Nugroho
Magelang: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan menghadiri perayaan Waisak 2562 di Borobudur, Jawa Tengah. Perayaan Waisak dipusatkan di pelataran Candi Borobudur. 

Rangkaian perayaan Waisak dimulai sejak pukul 10.00 WIB dengan puja bakti atau doa bersama umat Buddha. Setelah itu dilanjutkan dengan perarakan air suci dan api abadi yang sudah disemayamkan di Candi Mendut. 

Air suci dan api abadi bakal diarak menuju pelataran Candi Borobudur. Setelah itu acara bakal dilanjutkan dengan doa-doa mulai siang, sore hingga malam. 


Selain Menteri Lukman, perayaan Waisak bakal dihadiri Bupati Magelang dan Ketua Walubi. Detik-detik Waisak dipastikan pukul 21.19.13 WIB. Puncak Waisak dilaksanakan dengan pelepasan lampion. 

Adapun pelepasan lampion bakal dihadiri puluhan ribu umat Buddha yang tak hanya datang dari Indonesia tapi juga negara-negara di Asia. 

Terkait rangkaian perayaan Waisak, aparat melakukan penjagaan ketat. Sebanyak 1.600 personel gabungan Polisi dan TNI mulai berjaga sejak pagi. 


 



(REN)