Menteri Sosial Tri Rismaharini. Medcom.id/ Syaikhul Hadi
Menteri Sosial Tri Rismaharini. Medcom.id/ Syaikhul Hadi

2 Minggu Jabat Mensos, Ini Gebrakan Risma

Nasional tri rismaharini bansos blusukan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 05 Januari 2021 15:24
Jakarta: Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bergerak cepat. Dua minggu usai dilantik, Risma sudah membuat sejumlah gebrakan. Seperti, ia langsung blusukan ke beberapa tempat dan memberikan bantuan sosial.
 
Dalam blusukannya, Risma yang dikenal sebagai ibunya arek Suroboyo ini mendatangi kawasan kumuh dan eks lokalisasi. Berikut beberapa pergerakan Risma tak lama setelah didapuk sebagai Mensos.
 

1. Sambangi kawasan kumuh

Hari pertama bekerja, Senin, 28 Desember 2020, perempuan kelahiran Kediri, Jawa Timur, ini langsung menyambangi permukiman kumuh di Ibu Kota. Risma menyusuri kawasan bantaran Kali Ciliwung dan mengunjungi pemulung yang berada di sekitaran kali.
 
Mantan Wali Kota Surabaya ini menjanjikan tempat tinggal layak bagi mereka. Ia juga berjanji membantu mereka untuk bisa mempunyai usaha secara mandiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bapak-Ibu, saya carikan rumah. Jadi, enggak perlu ada biaya ngontrak. Tetep cari sampah seperti ini. Nanti sampah dari Kementerian Sosial bisa untuk Bapak. Sambil saya ajari usaha. Masa mau terus kayak gini," kata Risma.
 

2. Sambangi eks lokalisasi di Mojokerto

Tidak hanya di Ibu Kota, Mensos juga melakukan kunjungan ke daerah. Teranyar, ia menyambangi eks lokalisasi di wilayah Balong Cangkring Lingkungan Cakarayam Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Di sana, Risma memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. 
 

3. Memberi Wejangan ke anak jalanan

Di Mojokerto, Risma juga memberi wejangan kepada anak jalanan. Ia meminta agar anak-anak jalanan tidak malu dengan kondisinya. Sebab, Tuhan tidak pernah melihat seperti apa latar belakang seseorang, sehingga mereka harus tetap berjuang.
 
Selain itu juga, Risma mewanti-wanti agar mereka menjauhi narkoba. "Jangan sampai terlibat narkoba karena sekali terlibat, maka tidak bisa lepas. Kecuali kalau memang kekuatan yang besar dan benar-benar ingin lepas," pesan Risma, dikutip dari Antara.
 
“Kalau mau jualan kopi atau membuat sepatu, harus siap menghadapi hal yang sulit. Kalau gagal jangan lari, gagal bangkit lagi, sampai kegagalan itu takut," sambungnya.
 

4. Janjikan bansos cair awal 2021

Risma menyampaikan sesuai perintah Presiden Joko Widodo, Bansos sudah bisa diditribusikan kepada penerima bantuan pada minggu pertama, Januari 2021. Risma menyebut gerak cepat harus dilakukan demi memastikan ekonomi di daerah tidak turun. Bansos, menurutnya, akan membantu perekonomian daerah.
 
Dia membeberkan dalam sebulan untuk skema bantuan sembako, ada Rp3,76 triliun dana yang diputarkan di daerah dari skema tersebut dan tersebar di lebih dari 500 daerah.

 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif