medcom.id: Renault memastikan tidak ada yang bisa mengubah suara mesin mobil Formula 1 selama peraturan yang sudah ditetapkan untuk tahun ini tidak diganti.
Mesin V6 1,6 liter itu dituding menjadi biang keladi ajang balap tahunan tak lagi seru. Pasalnya suara yang dihasilkan tak lagi keras seperti V8 2,4 liter.
Menurut Head of Track Operations Renault Remi Taffin, ada dua hal yang mempengaruhi suara mesin mobil F1 saat ini. "Pertama, yakni batas RPM yang hanya 15 ribu. Pada tahun lalu, mobil F1 bisa mencapai RPM 18 ribu," jelasnya seperti dilansir Auto Sport.
Taffin berkata, aturan baru yang membatasi volume bahan bakar otomatis akan membuat mobil mencapai batas maksimal. Artinya, ketika tidak bisa dipaksakan ke 15 ribu, RPM hanya berada di angka 12 ribu dan minimal 10 ribu.
"Soal kedua adalah mengenai turbo. Diletakkannya satu benda di jalur pipa gas buang, itu sama saja seperti meletakkan bantal di muka seseorang yang ingin berteriak. Bantal itu berfungsi sebagai peredam. Lalu tidak ada yang bisa dilakukan jika kedua pipa gas buang dibuat menjadi satu pipa knalpot setelah melalui turbo. " kata Taffin.
medcom.id: Renault memastikan tidak ada yang bisa mengubah suara mesin mobil Formula 1 selama peraturan yang sudah ditetapkan untuk tahun ini tidak diganti.
Mesin V6 1,6 liter itu dituding menjadi biang keladi ajang balap tahunan tak lagi seru. Pasalnya suara yang dihasilkan tak lagi keras seperti V8 2,4 liter.
Menurut Head of Track Operations Renault Remi Taffin, ada dua hal yang mempengaruhi suara mesin mobil F1 saat ini. "Pertama, yakni batas RPM yang hanya 15 ribu. Pada tahun lalu, mobil F1 bisa mencapai RPM 18 ribu," jelasnya seperti dilansir
Auto Sport.
Taffin berkata, aturan baru yang membatasi volume bahan bakar otomatis akan membuat mobil mencapai batas maksimal. Artinya, ketika tidak bisa dipaksakan ke 15 ribu, RPM hanya berada di angka 12 ribu dan minimal 10 ribu.
"Soal kedua adalah mengenai turbo. Diletakkannya satu benda di jalur pipa gas buang, itu sama saja seperti meletakkan bantal di muka seseorang yang ingin berteriak. Bantal itu berfungsi sebagai peredam. Lalu tidak ada yang bisa dilakukan jika kedua pipa gas buang dibuat menjadi satu pipa knalpot setelah melalui turbo. " kata Taffin.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(CDX)