Kematian Adelina Dijanjikan Diusut Tuntas
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BNP2TKI Servulus Bobo Riti. Foto: MTVN/Yona
Jakarta: Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) memastikan kasus kematian Adelina Lisao diusut hingga tuntas. Adelina merupakan TKI asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang meninggal di Malaysia.
 
"Kita semua berduka dan kami akan terus berkomunikasi dengan keluarga almarhumah untuk mengetahui harapan mereka," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BNP2TKI, Servulus Bobo Riti kepada Medcom.id, Selasa, 13 Februari 2018.
 
Servulus mengatakan,pihaknya telah berkomunikasi dengan Perwakilan RI di Malaysia terkait peristiwa itu. "Kami di  BNP2TKI telah melakukan komunikasi yang konstruktif dengan perwakilan RI di Malaysia," ujarnya.

Baca: Migrant Care Desak Pengusutan Kematian TKI asal NTT
 
Servulus menegaskan, Pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan penanganan masalah itu. Servulus mengatakan, otoritas Malaysia sedangan melakukan penyelidikan menyeluruh untuk mengatahui penyebab kematian Adelina.
 
"Kita semua tidak menginginkan peristiwa ini terjadi. BNP2TKI akan terus menyosialisasikan pentingnya TKI pergi melalui jalur prosedural atau penempatan resmi," ujar Servulus.
 
Adelina Lisao diduga disiksa oleh majikannya di Penang, Malaysia. Menurut penuturan Steven Sim Chee Kong, anggota Parlemen Malaysia yang menemukan kasus ini, Adelina sempat mengaku dipaksa tidur di luar rumah bersama anjing peliharaan majikan selama sebulan terakhir. Ia bahkan tak diberi makan dan mengalami penganiayaan.
 
Ketika diselamatkan kepolisian setempat di rumah majikannya di Taman Kota Permai, Adelina mengalami luka parah di kepala dan wajah serta infeksi luka di tangan dan kakinya.
 
Adelina sempat dirawat di RS Bukit Mertajam namun nyawanya tak tertolong. Adelina meninggal pada Minggu 11 Februari 2018.





(FZN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360