Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan hunian tetap (huntap) di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikurore, Palu, Sulawesi Tengah. Foto: Damar Iradat?Medcom.id
Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan hunian tetap (huntap) di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikurore, Palu, Sulawesi Tengah. Foto: Damar Iradat?Medcom.id

Swasta Diminta Membantu Pembangunan Hunian Tetap di Palu

Nasional Gempa Donggala
Damar Iradat • 29 Oktober 2019 15:30
Palu: Presiden Joko Widodo meminta pihak swasta dan korporasi membantu pembangunan hunian tetap (huntap) pascabencana gempa dan tsunami yang menerjang Kota Palu, Sulawesi Tengah. Bantuan swasta dinilai akan mempercepat pembangunan huntap.
 
"Saya kira model donatur seperti ini harus dikembangkan, sehingga pemerintah, swasta bisa bergerak bersama-sama dalam membantu apabila terjadi bencana," kata Jokowi usai meninjau lokasi huntap di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikurore, Palu, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Jokowi sempat meninjau pembangunan huntap yang dilakukan Yayasan Buddha Tzu Chi di Tondo. Pemilik Yayasan Buddha Tzu Chi, Sugianto Kusuma, mendampingi Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu terkejut proses pembangunan huntap berjalan cepat. Ia berterima kasih kepada yayasan.
 
"Ada 1.500 rumah yang segera diselesaikan sebelum Lebaran. Total 3.000 (yang akan dibangun)," ungkapnya.
 
Jokowi sebelumnya meninjau pembangunan huntap di Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Palu. Jokowi mengakui membangun 11 ribu huntap tidak mudah. Namun, dia menargetkan pembangunan huntap di Palu dan Donggala rampung akhir 2020.
 
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyebut terdapat 11.643 rumah warga yang telah dibangun lewat program relokasi. Pembangunan yang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebanyak 8.788 unit, bantuan AHA Center 75 unit, bantuan Mayapada Foundation 100 unit, dan bantuan Yayasan Buddha Tzu Chi 2.500 unit.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif