Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Medcom/Adam
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Medcom/Adam

Wapres: Pancasila Jaminan Negara Melindungi Kebebasan Beragama

Antara • 05 Januari 2022 13:09

Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan Pancasila menjadi jaminan negara melindungi kebebasan masyarakat. Salah satunya, dalam memeluk dan menjalankan kegiatan keagamaan masing-masing.
 
"Pancasila menjadi jaminan bahwa negara melindungi kebebasan memeluk agama, sekaligus mengakomodasi penyelenggaraan aktivitas keagamaan," kata Wapres dilansir dari Antara, Jakarta, Rabu, 5 Januari 2021.
 
Ma'ruf mengatakan Pancasila sejalan dengan nilai-nilai agama yang dianut masyarakat Indonesia. Hal itu juga menunjukkan pluralitas agama di Indonesia merupakan keniscayaan yang harus disyukuri dan dipelihara oleh seluruh elemen masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Keberagaman ini, apabila kita rawat dengan pengetahuan dan toleransi, maka akan menjadi kekayaan yang luar biasa, yang jarang dimiliki oleh bangsa lain di dunia," tuturnya.
 
Untuk menjaga keberagaman di tengah kemajemukan bangsa Indonesia, toleransi menjadi kunci utama yang harus dilakukan seluruh masyarakat. Ia mengatakan dengan menjunjung tinggi toleransi antarumat,Indonesia dapat terhindar dari upaya yang memecah persatuan, seperti radikalisme, dan ekstremisme.
 
Baca:  Wapres Ingin Perguruan Tinggi Beri Solusi Masalah Pengangguran
 
"Toleransi adalah kuncinya. Toleransi membimbing kita pada moderasi beragama, sehingga kita terhindar dari fanatisme yang dapat mengarah pada fundamentalisme, radikalisme dan ekstremisme," ujar dia.
 
Wapres mengatakan kerukunan antarumat beragama di Indonesia mendapat pengakuan dari negara lain. Sebab, nilai-nilai toleransi di berbagai daerah akan dikembangkan ke seluruh dunia.
 
Badan independen cendekiawan muslim lintas negara, Majelis Hukama Al Muslimin, pernah datang menemui Ma'ruf dan menyatakan keinginannya belajar toleransi dari Indonesia.
 
"Ini saya kira kebanggaan kita, karena kita bisa merawat toleransi ini," ucap Ma'ruf.


 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif