Ilustrasi mudik. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi mudik. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Mau Mudik Lebaran? Ini Tips Aman Meninggalkan Rumah

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Ramadan 2022 Mudik 2022
Rendy Renuki H • 25 April 2022 15:21
Jakarta: Mudik lebaran telah menjadi tradisi masyarakat khususnya di Indonesia. Namun kegiatan pulang ke kampung halaman itu tentunya kerap meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.
 
Sehingga tak jarang timbul rasa was-was meninggalkan rumah saat mudik lebaran. Pasalnya rumah yang ditinggal kosong menimbulkan potensi timbulnya masalah seperti kemalingan atau kebakaran.
 
Agar momen mudik lebaran tetap nyaman saat meninggalkan rumah, berikut ada beberapa tipsnya.

1. Jangan tinggalkan barang berharga

Alangkah baiknya saat mudik lebaran jangan meninggalkan barang berharga di rumah. Barang berharga itu bisa berupa perhiasan, uang tunai, dan sertifikat rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebaiknya simpan barang berharga tersebut di safe deposit box di bank, atau di kantor kepolisian. Hal itu akan mengurangi kekhawatiran Anda saat melakukan perjalanan mudik.

2. Nyalakan lampu dan kunci pintu

Jika rumah ditinggal dalam keadaan kosong saat mudik lebaran, nyalakan beberapa titik lampu di rumah Anda. Seperti di teras rumah dan beberapa titik lain di dalam rumah.
 
Langkah ini akan membuat rumah terlihat terang saat Anda tinggalkan. Namun, sebaiknya pilih lah lampu pintar yang memiliki sensor cahaya dan pengaturan waktu agar lampu rumah tidak menyala sepanjang hari.

3. Cabut semua alat elektronik dari listrik

Matikan seluruh perangkat elektronik dan barang yang terhubung dengan listrik. Hal ini tentu akan meminimalisasi kekhawatiran saat meninggalkan rumah.
 
Sehingga kejadian yang tidak diinginkan seperti kebakaran karena arus pendek bisa diminimalisir. Serta tentunya bisa menghemat konsumsi pemakaian listrik Anda.

4. Komunikasi dengan tetangga

Komunikasi dengan tetangga saat hendak bepergian mudik menjadi salah satu tips penting. Pasalnya, para tetangga di sekitar lingkungan tentu akan mengetahui jika Anda sedang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.
 
Sehingga mereka tentunya akan ikut mengawasi rumah Anda yang dalam keadaan kosong agar terhindar dari tindakan kriminal seperti kemalingan.

5. Lapor ke RT dan RW

Anda juga bisa melaporkan rencana mudik lebaran ke pengurus RT dan RW setempat. Sehingga pengurus di lingkungan rumah pun mengetahui jika rumah Anda dalam keadaan kosong selama mudik lebaran.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif