Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Satgas: Jumlah Orang yang Dites Covid-19 Menurun

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Satgas Covid-19 kasus covid-19 indonesia
Antara • 10 Mei 2022 23:56
Jakarta: Jumlah orang yang dites covid-19 terus menurun. Padahal, pandemi covid-19 di Tanah Air belum berakhir.
 
"Sayangnya, jumlah orang yang diperiksa melalui tes covid-19 jumlahnya terus mengalami penurunan," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Menurut dia, jumlah orang yang dites terus menurun sejak Maret 2022. Pada pertengahan Maret, jumlah yang diperiksa mencapai 1.000.000 orang per Minggu. Namun, Minggu lalu hanya 300.000 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Padahal, tren mobilitas di tengah masyarakat menunjukkan kenaikan secara merata pada 33 dari 34 provinsi berdasarkan data yang dikutip dari google mobility per 6 Mei 2022. Data tersebut menunjukkan kenaikan mobilitas pada umumnya terjadi pada lokasi retail, rekreasi toko bahan makanan, taman dan pusat transportasi umum.
 
Sementara itu, mobilitas pada tempat kerja dan perkantoran secara keseluruhan mengalami penurunan. "Makanya, hal ini (testing) perlu kita tingkatkan karena semakin banyak orang yang dites, maka kita akan semakin melihat gambaran penularan covid-19 yang akurat di tengah masyarakat," kata Wiku.
 
Juru bicara pemerintah untuk covid-19, Reisa Broto Asmoro, meminta masyarakat ikut menyukseskan protokol testing, tracing, dan treatment (3T) untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus covid-19 pascakegiatan mudik.
 
"Lonjakan kasus covid-19 ini dapat kita cegah dengan protokol kesehatan yang ketat dan juga dengan vaksinasi baik booster ataupun dosis lengkap," kata Reisa, Senin, 9 Mei 2022.
 
Baca: Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia di Bawah 6 Ribu
 
Dia menekankan apabila masyarakat mulai merasakan sejumlah gejala yang mirip dengan gejala covid-19 setelah mengikuti mudik. Bila merasakan keluhan berupa batuk, pilek atau demam, disarankan langsung memeriksakan kondisi kesehatan melalui tes swab agar cepat mendapatkan diagnosa.
 
Sementara itu, ,asyarakat yang merasa melakukan kontak erat dengan orang yang positif covid-19 juga diharapkan berpartisipasi aktif dalam melakukan pelacakan supaya penularan tidak semakin menyebar.
 
"Harus lakukan swab, kalau sudah ketahuan hasilnya maka pengobatan akan tepat dan risiko fatalnya jadi rendah dan bisa cepat sembuhnya. Lakukan juga tracing. Semuanya harus diperiksa juga dan kalau sudah lakukan sesuai anjuran dan merasa ada gejala covid-19 segera lakukan isolasi mandiri," kata Reisa.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif