Mal Pelayanan Publik Denpasar Diganjar Penghargaan

Achmad Zulfikar Fazli 29 Oktober 2018 01:55 WIB
berita kemenko pmk
Mal Pelayanan Publik Denpasar Diganjar Penghargaan
Ilustrasi. Mal pelayanan publik di Banyuwangi. (ANT/Aloysius Jarot Nugroho)
Jakarta: Delapan mal pelayanan publik mendapat penghargaan dari Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Salah satunya yakni, MPP Sewaka Dharma Denpasar.

Selain MPP Denpasar, ada tujuh MPP lain yang mendapat penghargaan yakni DKI Jakarta, surabaya, Batam, Banyuwangi, Denpasar, Badung, Tomohon, dan Karangasem. MPP tersebut dinilai berkomitmen mewujudkan Gerakan Indonesia Melayani (GIM) menuju pelayanan publik kelas dunia.

"Ini menunjukkan revolusi mental secara perlahan tapi pasti sudah dilaksanakan setiap masyarakat, mulai dari pusat dan daerah. Atas nama pemerintah, saya sampaikan apresiasi atas berbagai inovasi pelayanan publik yang telah dilaksanakan," ujar Menteri Koordinator Bidang PMK Puan Maharani dalam keterangannya, Minggu, 28 Oktober 2018.


Kementerian PANRB juga mendapat tugas untuk mengoordinasikan program GMI. Hal itu mengacu kepada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Pada dasarnya, lanjut dia, MPP pengintegrasian berbagai layanan. Baik dari daerah dengan berbagai pelayanan publik instansi pemerintah pusat, BUMN, juga swasta. Dengan sistem ini diharapkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat, aman, transparan, dan efisien.

Kadis Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Denpasar, I Made Kusumadiputra mengatakan MPP Sewaka Dharma Kota Denpasar keseluruhan memberikan fasilitas 154 jenis. Semua itu terdiri dari 12 sektor perizinan, dan non perizinan yang berada dibawah naungan DPMPTSP Kota Denpasar.

Selain itu, MPP Sewaka Dharma turut memberikan fasilitas 41 jenis layanan dari instansi vertical. Adapun instansi vertikal yang bergabung meliputi Kepolisian dengan melayani perpanjangan SIM A dan C, SKCK dan surat keterangan kehilangan. Kemudian, perbankan, PLN, PDAM, BPJS, Kantor Pajak, Imigrasi, dan Badan Pertanahan Nasional. 

MPP Denpasar terus berinovasi untuk menciptakan kenyamanan masyarakat dan pengguna MPP. Sistem antrean serta pendaftaran online di Disdukcapil dan pelayanan SIM juga diterapkan. Sedangkan pelayanan Perizinan, serta pelayanan lainnya sudah terlebih dahulu menerapkan sistem online. 

Disamping itu, penerapan tanda tangan berbasis elektronik telah dilaksanakan pada izin kesehatan. Khususnya, surat Izin praktik perawat, surat izin praktik bidan, surat izin praktik elektromedik, surat izin praktik fisioterapi, dan surat izin perawat gigi dan mulut.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id