BIN Bantah Suap Ormas Mahasiswa buat Bungkam

Suci Sedya Utami 21 November 2018 03:34 WIB
bin
BIN Bantah Suap Ormas Mahasiswa buat Bungkam
Jubir BIN Wawan Hari Purwanto - Medcom.id/Suci Sedya Utami.
Jakarta: Badan Intelijen Nasional (BIN) membantah menyuap beberapa ormas mahasiswa agar tidak mengkritik pemerintah. Hal ini sekaligus menjawab permintaan klarifikasi dari anggota DPR RI Joko Edy Abdurrahman terkait penyuapan tersebut.

Dalam permintaan klarifikasi tertulis Kepala BIN menyuap beberapa Ormas Mahasiswa seperti PB HMI, PMII, GMNI, GMKI, PMKRI, IMM, Hikmabudhi, KMHDI) yang masing-masing mendapat Rp200 juta per bulan serta Ketua PB mendapat Rp20 juta per bulan.

"Ini semua enggak betul, ini mendeskriditkan pemerintah. BIN enggak larang siapapun untuk kritisi pemerintah," kata Juru Bicara Kepala BIN Wawan Hari Purwanto dalam konferensi pers di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa, 20 November 2018.


Wawan mengatakan selama ini BIN tidak pernah mempermasalahkan adanya kritik. Menurutnya, kritik dan saran merupakan sarana evaluasi untuk kemajuan bangsa. Namun, mesti diimbangi data, fakta dan solusi.

Wawan mengatakan munculnya berbagai ormas relawan merupakan kehendak masyarakat untuk berserikat dan berkumpul secara sukarela. Ormas bebas menyuarakan pendapat mereka namun tetap bisa dipertanggungjawabkan, bukan hoaks atau fitnah.

(Baca: Pemerintah 'Pelototi' Kampus Terpapar Radikalisme)

"Sebab bila hoaks atau fitnah mereka dapat juga terkena sanksi berdasarkan UU ITE," ujar Wawan.

Wawan menyatakan berbagai deklarasi terjadi di Indonesia dan merupakan tanggung jawab dari pengurus organisasi yang bersangkutan. Tidak ada paksaan untuk memmberikan dukungan termasuk juga memberikan bayaran pada mahasiswa untuk melakukan deklarasi pemilu damai.

"Sampai saat ini tidak ada sepeser pun yang dikeluarkan untuk itu. BIN membebaskan seluruh ormas dan warga negara untuk lakukan deklarasi maupun kampanye selama enggak melanggar UU," jelas dia.




(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id